Mengenal Lubang Hitam (dengan Video)

2
422
Tak dihiraukan lagi, objek luar angkasa yang menyita perhatian dikalangan para astronot maupun masyarakat awam adalah lubang hitam atau yang sering disebut “Black Hole“. Di abad 21-an ilmuan pertama kali menemukan objek lubang hitam sesungguhnya melalui satelit sinar-x, satelit ini mendeteksi radiasi yang dihasilkan lubang hitam di rasi Sagittarius dekat pusat galaksi Bima Sakti. Disekitar rasi bintang inilah terlihat bintang-bintang disekitarnya terhisap ke arah pusaran dimana lubang hitam terdapat didalamnya.
Foto lubang hitam hasil tangkapan satelit sinar-X Chandra di Sagittarius A*
Foto lebih detail mengenai reaksi lubang hitam menarik pusaran,
objek ini diambil satelit sinar-X chandra antara tahun 2002 – 2005



Apakah dan bagaimana sebenarnya lubang hitam itu?

Lubang hitam merupakan konsidisi ketika sebuah bintang yang sangat besar mati (meledak). Ledakan ini, yang sering disebut sebagai supernova terjadi apabila sebuah bintang yang memiliki massa lebih dari 3 kali massa matahari. Ketika ledakan terjadi, materi yang ada pada lubang hitam ini runtuh kedalam inti bintang-nya sendiri dan bukan terpental ke angkasa, sehigga materi disekitarnya menjadi terpadatkan dan bergaris tengah hanya 20 kilometer (12,5 mil) disebabkan tarikan gravitasi yang cukup besar dimana cahaya pun tidak dapat lari darinya.

Dr. Paul Green dari pusat sinar-X Chandra menjelaskan lubang hitam sebagai berikut:
“Sebuah lubang hitam terbentuk ketika materi runtuh kedalam dirinya sendiri sehingga menjadi padat apapun yang datang mendekatinya, bahkan cahaya,`tidak dapat lari darinya.
Beberapa menggambarkan sebuah lubang hitam  menarik gravitasi menjadi sangat besar di jarak yang cukup dekat, bahkan hal paling cepat di alam semesta, yang mana cahaya tidak dapat lari darinya.
Derah ini disebut “Horizon Peristiwa” (Daerah perbatasan lubang hitam antara cahaya yang dapat kita lihat dengan yang tidak kita bisa lihat di lubang hitam). Tidak ada peristiwa yang terjadi didekat lubang hitam dibanding horizon peristiwa yang tidak pernah dapat dilihat diluar pengamat seperti kita.”

Ilustrasi struktur lubang hitam diatas menggambarkan
Event Horizon
(Horison Peristiwa) yang memisahkan pengamat dari objek yang dapat dilihat pada lubang hitam
Lubang hitam memiliki struktur yang disebut “cakram tambahan” (accretion disk) mirip seperti pusaran air, setiap cakram memiliki kecepatan berbeda ditempat yang berbeda pada cakram dan memiliki kecepatan putaran yang sangat cepat dimana cahaya pun tidak bisa melarikan diri. Gesekan yang terjadi di cakram tambahan menyebabkan gas bertambah panas, bahkan panas sekali hingga tampak putih, gas bertambah panas hingga mengeluarkan semburan jet diatas dan bawah lubang hitam, semburan jet ini sangat panas hingga mencapai kuantitas sinar-x.

Skala tempratur cakram tambahan di lubang hitam berada pada level sinar-x

Lubang hitam di alam semesta memiliki kesamaan satu dengan yang lainnya kecuali pada ukuran dan massa-nya. Ada dua contoh lubang hitam berdasarkan ukurannya, yaitu bintang lubang hitam dan super raksasa lubang hitam. Bintang lubang hitam biasanya memiliki masa 2 sampai 15 kali masa matahari dimana dapat ditemukan tersebar diseluruh galaksi bima sakti. Sedangkan super raksasa lubang hitam memiliki massa yang luar biasa besar hingga mencapai juta-an sampai miliaran kali massa matahari dimana hanya ditemukan didalam inti galaksi.

Illustrasi bentuk bintang lubang hitam
Illustrasi bentuk supermassive black hole (super raksasa lubang hitam)

Saya  kira pembahasanya sampai disitu dulu, lain kali saya akan membahas lebih mendetail tentang objek yang mengesankan ini. Namun bagi anda yang belum memahami tentang topik lubang hitam ini, anda dapat memahami lebih jauh tentang lubang hitam yang sudah saya siapkan video-nya berikut dengan dubbing berbahasa Indonesia yang saya sajikan untuk Anda.

Kejadian bintang yang telah mati ini digambarkan oleh Al Quran sebagai berikut:

Maka apabila bintang-bintang telah dihapuskan 
(QS. Al Mursalaat, 77: 8) 
Demi langit dan Ath Thaariq, tahukah kamu apakah Ath Thaariq? (yaitu) bintang yang cahayanya menembus. (QS. At Thaariq, 86: 1-3) 
Sampai disitu dulu… saya berharap ini membuka wawasan mengenai alam semesta yang begitu luas dan memperkuat keimanan pembaca bahwa Allah SWT lah yang menciptakan objek menakjubkan ini.

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Lubang_hitam
http://www.harunyahya.com/indo/artikel/069.htm
http://chandra.harvard.edu/resources/podcasts/podcasts.xml

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here