Kenapa Merkurius dan Venus Tidak Memiliki Satelit?

0
1757
Mungkin terlintas dipikiran kalian tentang satelit alami (bulan) yang mengitari planet-planet di Tata Surya, kenapa hanya planet Merkurius dan Venus yang tidak memiliki satelit?
Jarak antar planet-planet terhadap Matahari di Tata Surya,  planet Merkurius dan Venus lebih dekat dengan Matahari
Satelit atau bulan adalah benda angkasa yang terbentuk ketika terjadi benturan antara benda angkasa seperti asteroid, komet maupun bintang yang menabrak planet. Sisa-sisa tumbukan benda angkasa itu terperangkap oleh gravitasi planet sehingga membentuk satelit yang selanjutnya mengitari planet. Seperti halnya bumi dengan bulan, menurut para sainstis modern ketika terbentuknya tata surya beberapa miliar tahun yang lalu objek asing sebesar mars pernah menabrak bumi. Materi yang terlontar dari objek asing tersebut kemudian bergabung menjadi satu dan tertarik gravitasi bumi sehingga membentuk bulan yang sekarang kita kenal.

Ilustrasi tabrakan planet dengan asteroid sebelum terbentuknya satelit
Pertanyaannya apakah semua planet memiliki satelit?
Tidak, ada dua planet di Tata Surya yang tidak memiliki satelit yaitu Merkurius dan Venus.
Kenapa demikian?
Beberapa astronom berpendapat karena jarak Merkurius dan Venus yang dekat dengan Matahari.
Untuk terbentuknya satelit dibutuhkan jarak dan gravitasi yang cukup bagi planet untuk bisa menangkap materi yang terlontar. Dalam kasus ini jarak Merkurius dan Venus yang dekat dengan Matahari menyebabkan gravitasi Matahari lebih dominan. Jika ada benda asing apapun yang dekat dengan kedua planet tersebut, justru akan terlebih dahulu hancur karena gaya gravitasi matahari dan pasang surut planet yang tidak memungkinkan terbentuknya satelit.

Nah kalian sudah tau kan kenapa Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit.

Semoga tulisan ini bermanfaat 🙂

Sumber:
http://langitselatan.com