Cara Compress Ukuran File PDF Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar

21
33704

PDF (Portable Document Format) adalah format dokumen digital yang paling sering digunakan untuk membuat dokumen-dokumen seperti CV, skripsi maupun presentasi yang biasanya untuk di upload melalui email ataupun website pendaftaran. Namun, kebanyakan orang awam bingung bagaimana cara merubah ukuran file PDF yang akan di upload ke website sesuai ukuran minimum yang di tentukan. Biasanya file PDF bisa besar dikarenakan tidak hanya isi dokumen berupa teks di dalamnya, adanya foto bisa menambah besar ukuran file.

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara mengurangi ukuran file PDF di komputer tanpa mengurangi kualitas gambar sehingga anda dapat mengirimkan dokumen berkualitas baik tanpa harus khawatir kualitas gambarnya tidak terlihat jelas. Aplikasi yang saya gunakan pada tutorial ini adalah Free PDF Compressor yang bisa di download gratis disini atau bisa ke webnya langsung ke http://www.freepdfcompressor.com. Setelah di download install aplikasinya.

Step by step cara menggunakan Free PDF Compressor 

  1. Buka aplikasi Free PDF Compressor di dekstop
  2. Browse file PDF yang mau di compress
  3. Di bagian Output File silahkan pilih lokasi yang ingin anda save
  4. Di bangian Settings pilih opsi Printer – high quality, 300 dpi images
  5. Klik Compress
  6. Selesai, silahkan bandingkan ukuran file PDF sebelum dan sesudah di compress.

Jika file masih di atas ukuran minimum yang anda inginkan sebaiknya di bagian Settings pilih opsi eBook, ini akan mengurangi sebagian kualitas gambar tapi tidak terlalu menjadi masalah dan tidak terlalu merusak kualitas gambar.

Semoga bermanfaat 🙂

21 COMMENTS

    • to run this aplication , you must install one of the following versions of the . NET framework .
      contact your aplication publisher for intructions about obtaining the appropriate version of the . NET framework

      tolong di bantu

  1. aku lagi butuh banget ini, udah download dan instal aplikasinya tapi size file nya gk mau berkurang malah makin besar. waktu klik compress berjalan 100% tapi ada warning nya : the compressed pdf file is langer than source file, you can use another "setting" and try again.
    gimana dunk caranya, mohon bantuannya. terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here