Cara Mengatasi Penuhnya Internal Storage Android Dengan FolderMount [ROOT]

0
1303
Hai droiders! kali ini saya akan berbagi tips ampuh untuk mengatasi internal storage android kamu yang kepenuhan sehingga menjadi kendala ketika menginstal banyak aplikasi. Cara yang saya jelaskan disini sangat praktis dan tidak perlu melakukan partisi SD Card segala, namun syaratnya hp android kamu harus di root terlebih dahulu. Cara ini juga dapat digunakan di semua merk hp android seperti Samsung, HTC, Sony, LG dan lain-lain.
Syarat yang di butuhkan yaitu :
– Android kamu harus di root
SD Card minimal 4 GB (direkomendasikan SD Card 8/16 GB class 10)
– Aplikasi FolderMount [ROOT] yang bisa kamu download disini

Berikut langkah cara menggunakannya..

  1. Install aplikasi FolderMount [ROOT]
  2. Buka aplikasi FolderMount 
  3. Jika muncul peringatan SuperUser, plih opsi Grant atau Izinkan
  4. Maka akan muncul tampilan awal aplikasi FolderMount (gambar 1)
    Gambar 1
  5. Untuk memulai pemindahan data atau folder dari internal ke sd card, pilih tanda plus (+), sehingga muncul tampilah sebagai berkut (gambar 2)
    Gambar 2
  6. Pada bagian Name, isikan apa nama konten yang ingin di pindahkan, misalnya ingin memindahkan game FIFA, sebaiknya isikan saja pada bagian namenya sesuai foldernya agar mudah di indentifikasi di mana lokasinya, contoh Android/obb/FIFA  (lihat gambar 3)
  7. Pada bagian Source, pencet tulisan Click me, sehingga muncul select folder, pilih folder di internal yang ingin di pindahkan ke sd card, contoh /storage/emulated/0/Android/obb/FIFA  (lihat gambar 3) 
  8. Jika muncul pesan “Would do you like me to create the destiation folder automatically?”, pilih saja Yes karena akan secara otomatis membuat Destination folder di tempat penyimpanan sd card sesuai nama folder source-nya (setiap hp android berbeda lokasi sd card-nya).
  9. Jika ingin menentukan bagian Destination secara manualpencet tulisan Click me, sehingga muncul select folder, pilih folder di internal yang ingin di pindahkan ke sd card, contoh /storage/external_SD/Android/obb/FIFA  (lihat gambar 3)
    Gambar 3
  10. Klik tanda checklist. (Perhatian! lakukan checklist Exclude from media scan jika terdapat file media seperti gambar, film dan sejenisnya agar tidak tercipta file duplikat di gallery, seperti folder DCIM atau Pictures)
  11. Berikutnya, lakukan pin folder yang telah kita pindahkan tadi sehingga gambar pin menjadi berwarna hijau seperti pada gambar 4 dibawah ini.
    Gambar 4
  12. Selesai, selamat kalian sudah berhasil memindahkan folder dari internal ke sd card 🙂
Oh iya, kalian juga bisa memindahkan aplikasi menggunakan Apps analyzer pada FolderMount yang terdapat di bagian kiri menu aplikasi.
Caranya cukup mudah, pilih menu Apps analyzer (gambar 5), sehingga akan muncul list aplikasi yang terinstall di dalam hp kamu, pilih aplikasi atau game yang ingin kamu pindahkan ke sd card, sebagai contoh game Modern Combat 3 / MC3 (gambar 6), lalu pilih create pair untuk memindahkan data (data cache) dan lakukan hal yang sama pada data obb (data game) (gambar 7).
Gambar 5
Gambar 6
Gambar 7
Semoga bermanfaat 🙂
Sumber:
http://forum.xda-developers.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here