Cara Mudah Root dan Install CWM di Smartfren Andromax C3

92
2838

Pada tutorial kali ini, saya akan memberitahukan bagaimana cara mudah root dan install CWM di Smartfren Andromax C3, berikut step by stepnya…

  1. Backup terlebih dulu apabila ada file penting di hp Smartfen Andromax C3 anda, lewatkan saja langkah ini jika tidak ada
  2. Download file yang dibutuhkan dibawah ini :
    – Maxi3_Debugging_USB_Password-signed.apk
    – UPDATE-SuperSU-v1.94.zip
    – adb-fastboot+cwm img.rar
  3. Copy file Maxi3_Debugging_USB_Password-signed.apk dan UPDATE-SuperSU-v1.94.zip yang telah di download ke sdcard
  4. Dalam kondisi hp hidup, install Maxi3_Debugging_USB_Password-signed.apk di sdcard, pastikan unknown sources / sumber tak dikenal sudah di centang di security setting (lihat gambar 1)
    Gambar 1
  5. Buka aplikasinya dan klik calculate, maka akan ada kode muncul di atasnya,  tahan dan blok code tersebut, lalu copy, lalu tutup aplikasi. (lihat gambar 2).
    Gambar 2
  6. Berikutnya masuk ke setting, lalu developer option, kalau tidak ada deleveloper option (opsi pengembang) silahkan masuk ke about phone terlebih dahulu, dan pencet nomor bentukan / build number selama 8x (lihat gambar 3)
    Gambar 3
  7. Kembali ke setting / pengaturan, setelah itu akan muncul developer option / opsi pengembang, masuk ke developer option, check pada USB Debugging (lihat gambar 4)
    Gambar 4
  8. Masukan password dengan tahan pada kotak teks lalu paste (lihat gambar 5)
    Gambar 5
  9. Akan muncul pesan peringatan, pilih Oke (gambar 6)
    Gambar 6
  10. Colokkan kabel usb ke komputer untuk menginstall driver-nya ke komputer, biarkan komputer secara otomatis melakukan install driver sampai selesai, setelah itu lepas kabel usb dari komputer, dan matikan hp.
  11. Masuk hp ke fastboot dengan menekan tombol power + volume atas dan bawah (pertengahan) secara bersamaan sampai muncul logo smartfren, baru di lepas.
  12. Colokan kembali kabel usb ke komputer 
  13. Ekstrak file adb-fastboot+cwm img.rar (ekstrak here jika menggunakan aplikasi winrar, agar tidak ada folder di dalam folder), pada folder adb-fastboot hasil ekstrakan tadi, tahan tombol shift di keyboard lalu klik kanan, pilih open command here, maka akan muncul jendela command prompt (CMD) 
  14. Ketik fastboot devices dan tekan enter, kalo udah ada nomor dan tulisan fastboot berarti sudah terkoneksi
  15. Selanjutnya ketik fastboot flash recovery cwm.img dan enter, tunggu sampai instal CWM selesai 
  16. Jiksa sudah, cabut kabel data dan matikan hp
  17. Masuk ke CWM Recovery dengan menekan tombol power + volume atas secara bersamaan sampai logo smartfren muncul, maka secara otomatis akan masuk ke menu CWM Recovery
  18. Pada menu CWM Recovery, pilih install zip from sdcard, lalu pilih choose zip from sdcard0, lalu pilih UPDATE-SuperSU-v1.94.zip dan pilih yes, maka proses rooting akan berjalan
  19. Jika sudah, kembali ke menu utama CWM Recovery lalu pilih reboot system now
  20. Selamat Smartfren Andromax C3 anda sudah berhasil di root dan install CWM
Semoga bermanfaat 🙂
Sumber :
http://tegarcs142.blogspot.com

92 COMMENTS

    • Kamu harus masuk ke menu fastboot untuk bisa menginstall CWM-nya… caranya ukutin langkah nomor 11, yaitu matikan hp kamu dulu.. setelah itu nyalakan dengan menekan tombol power + volume atas bawah (dua-duanya di pencet secara bersamaan) sampai muncul logo smartfren baru di lepas.. nanti otomatis akan masuk ke menu fastboot

    • Pastikan sudah install driver (syaratnya usb debugging harus di aktifkan, lihat cara di atas), setelah itu pastikan juga sudah masuk ke menu fastboot sesuai langkah nomor 11 diatas.. jika sudah ikuti dengan benar step by step langkah selanjutnya, sudah saya test berhasil kok gan…

    • Itu berarti drivernya belum terinstall gan, utk menginstallnya aktifkan usb debugging sesuai cara di atas lalu colokkan hp ke komputer nanti driver akan otomatis di install.. agan pake windows apa? direkomendasikan windows 7 agar compatible dengan semua driver MTK

    • Langkah di atas sudah saya perbaiki agar lebih mudah di mengerti, perhatikan baik2 langkah nomor 11, pastikan hp sudah masuk ke dalam mode fastboot dan satu hal lg jangan lakukan trik ini di windows 8 karena kemungkinan windows 8 tidak support drivernya yg menyebabkan kabel usb di terkoneksi saat mode fastboot

  1. sam,a kayak yang diatas nih "gan ko pada menu cwm recovery tidak ada pilihan install zip from sdcard…??" adanya cuma reboot system now sama wipe data / factory reset .. gimana ya ??

  2. Gan, stock rom max 3 adanya cm v3.6 aja ya? Ko stlh sy install setiap kali install file apk masuknya ke internal (walau aplikasi sudah di pindah ke external ttp bacanya yg di internal?)mohon pencerahannya gan.

    • Fastboot biasanya dipakai untuk melakukan flashing atau menginstall aplikasi dari luar sistem Android. Hampir setiap perangkat Android memiliki Fastboot Mode. Nah Fastboot ini biasanya dipakai untuk menginstal Custom ROM dan Custom Recovery. Sesuai namanya system recovery itu untuk melakukan recovery hp android yg mengalami bootloop, seperti factory reset dan wipe cache.

    • Udah di aktifkan gan mode usb debugging-nya? klo mode usb debugging-nya sudah di aktifkan, install drivernya otomatis kok gan ketika di colok ke komputer.. coba cek lg kabel datanya gan atau pake kabel data yg lain..

  3. andromax c3 sy stockroom v4.5 tidak bisa masuk fastboot alhasil tidak bisa install cmw dan root
    adakan cara lain untuk install cmw dan root yang lebih mudah lagi
    terima kasih

  4. Gan, saya udah coba dan berhasil, tapi pas mau buka aplikasi supersu ada keterangan gini “Tidak ada biner SU terpasang dan SuperSU tidak bisa memasangnya. Ini merupakan masalah! Jika Andan baru mengupgrade ke android 4.3, Anda perlu me root secara manual. Konsultasikan dengan forum yang relevan dengan perangkat Anda”
    Tolong pencerahannya …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here