Pilar-pilar Penciptaan di Nebula Elang, Gambar Terbaik Teleskop Hubble Selama 25 Tahun Terakhir

0
648

Sebuah foto benda angkasa jauh dan terkenal yang di tangkap oleh Teleskop Hubble 20 tahun yang lalu telah diperbaiki kembali dalam foto terbaru yang menakjubkan.

Para ilmuwan menampilkan citra teleskop di Nebula Eagle atau Nabula Elang karena bentuknya menyerupai kepala elang, juga dikenal sebagai Messier 16 (M16). Teleskop Hubble berhasil menangkap objek terkenal yang di namakan “Pilar-pilar Penciptaan” yang lebih tajam dan pandangan yang lebih luas. Gambar yang diperbarui ini dimungkinkan berkat perbaruan gambar yang dibuat Teleskop Ruang Angkasa Hubble selama 25 tahun terakhir. Kalian dapat melihat gambar terbaru dari Pilar-pilar Penciptaan secara rinci dalam video yang saya sertakan di bawah ini. 


Hal ini memungkinkan kita untuk menunjukkan seberapa jauh Hubble telah bekerja dalam 25 tahun pengamatan,” Paul Scowen, dari Arizona State University, mengatakan dalam konferensi pers pada pertemuan 225 dari American Astronomical Society Senin (5 Januari 2014). Scowen adalah salah satu astronom yang membantu mengambil gambar asli dari teleskop Hubble.
Ini benar-benar sangat luar biasa,” tambahnya.

Teleskop luar angkasa Hubble telah mengambil gambar baru Pilar-pilar Penciptaan di Nebula Eagle yang berjarak 6.500 tahun cahaya dari Bumi, ini mengungkapkan pandangan paling detail dari fitur Hubble yang awalnya gambar ini ditemukan 20 tahun yang lalu. Gambar baru diambil untuk memperingati ulang tahun ke 25 Hubble pada tahun 2015.
Kredit gambar : ASA, ESA/Hubble dan Hubble Heritage

Dijuluki “Pilar-pilar Penciptaan” ketika ditemukan pada tahun 1995, pandangan Nebula Elang ini bisa dibilang yang paling terkenal dari semua gambar Hubble. Gambar ini telah muncul di perangko, T-shirt dan bantal, dan bahkan di putar di acara televisi dan film. Terletak hampir 7.000 tahun cahaya dari matahari, M16 merupakan wilayah gas dan debu di mana bintang terbentuk dengan cepat.

Gambar Hubble terbaru menggunakan teknologi terkini yang disebut Wide Field Camera 3, dipasang pada tahun 2009, untuk mengungkapkan daerah pembentukan bintang dua kali lipat dari resolusi instrumen asli. Seperti gambar asli yang diambil oleh Wide Field Planetary Camera 2, di mana unsur-unsur gambar tampak dalam warna berbeda: Merah mengungkapkan belerang terionisasi tunggal, biru menunjukkan oksigen terionisasi ganda dan hijau menyoroti hidrogen.

Tampilan perbandingan gambar menunjukkan Pilar-pilar Penciptaan di Nebula Elang, seperti yang terlihat oleh teleskop Hubble pada tahun 1995 (kanan), dan 20 tahun kemudian pada tahun 2015 (kiri). gambar baru ditangkap oleh Hubble Wide Field Camera 3, dipasang pada tahun 2009, yang membuat gambar yang lebih jelas dari pancaran unsur oksigen, hidrogen dan sulfur.
Kredit gambar : NASA, ESA/Hubble dan Hubble Heritage Team, STScI, J. Hester dan P. Scowen (Arizona State University)

Seiring dengan merilis foto terbaru yang lebih tajam, tim Hubble mengungkapkan gambar Nebula Elang dalam panjang gelombang inframerah, untuk menembus jalur penghalang debu dan gas yang secara signifikan mengungkap lebih banyak bintang.

“Pilar-pilar itu sendiri menjadi sangat transparan dalam inframerah,” kata Scowen.

Citra inframerah menunjukkan bahwa pilar masih ada setelah dua dekade, membayangi padatan gas di pangkal bawahnya. Bintang-bintang muda berada di jantung tempat gas yang padat, dengan angin bintang yang cepat meniup bahan ringan kearahnya. Gumpalan antar gas menguap dengan lama karena panas dari bintang muda yang terus bersinar terang.

Pandangan dari inframerah di Nebula Elang mengungkapkan banyak bintang di jantung Pilar-pilar Penciptaan.
Kredit gambar: NASA, ESA/Hubble dan Hubble Heritage Team, STScI, J. Hester and P. Scowen (Arizona State University)

Gambar baru ini juga menunjukkan perubahan yang telah terjadi di nebula selama dua dekade terakhir. Beberapa sistem protobintang (bayi bintang) membuat pancaran panjang yang digambarkan Scowen sebagai “rambu-rambu yang menunjukkan kembali ke pembentukan bintang di sini.‘” Beberapa pancaran berbelok, yang memotong jalur debu dan gas, telah berpindah seiring waktu sejak gambar asli ini diambil.

Scowen menyebut gambar ini “contoh yang luar biasa dari apa yang telah mampu Hubble dapat lakukan sepanjang masa.

Sumber :
http://www.space.com/28175-pillars-of-creation-hubble-photos-2015.html