Analisa Mesin Gerak Abadi, Sebuah Mesin Tenaga Gerak yang Tak Terbatas

0
9078
Pernah melihat sebuah mesin dengan tenaga input yang tak terbatas? Mesin ini tidak memiliki bahan bakar seperti halnya kendaraan bermotor untuk menghasilkan tenaga gerak. Penasaran? Yuk kita analisa seperti apakah mesin ini dan bagaimanakah prinsip kerjanya?
Semua orang pasti suka mesin tenaga gerak yang abadi dan terus-menerus, sebuah mesin yang memiliki kreativitas tingkat tinggi yang ditemukan melalui celah hukum fisika. Bagaimana tidak? dikarenakan mesin ini tidak memiliki masukan energi sehingga dapat bergerak terus menerus. Kalian bisa melihat beberapa contoh Mesin Gerak Abadi (Perpetual Motion Machine) pada video berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan Mesin Gerak Abadi (Perpetual Motion Machine)?

Wikipedia mendefinisikan sebagai mesin yang memiliki gerakan terus menerus tanpa masukan energi. Tentu saja, hal ini praktis tidak mungkin karena Anda tidak pernah dapat sepenuhnya menghilangkan gaya gesek pada sebuah mesin dengan tenaga gerak. Meskipun tidak mungkin, beberapa orang dengan ide-ide kreatif mereka dapat mengakalinya, yang membuat mesin dengan input gerak yang terus menerus menjadi mungkin.

Seperti Apakah Perangkat ini?
Pada artikel ini saya akan memberikan contoh kasus untuk mesin gerak abadi. Terlebih dulu lihatlah video berikut ini.
Berikut adalah screenshot penting.

Ada dua batang vertikal pada mesin ini. Ada vertikal poros “s” dan batang yang bergerak melekat pada poros horisontal “b.” Gaya putaran ada pada poros horisontal (b) adalah nol. Adapun gaya putaran berlawanan arah jarum jam dan gaya putaran searah jarum jam harus sama. Karena gaya putaran yang sama, batang vertikal mendorong lebih pada lengan bawah (a) daripada yang dilakukannya pada lengan atas (c) karena jaraknya terhadap lengan (b) yang lebih jauh. Akhirnya, karena keduanya (c) dan (a) memiliki jarak yang sama dari poros vertikal (s), maka akan ada gaya putaran lebih yang membuatnya terdorong terus menerus tanpa henti

Bagaimana caranya kita bisa memutarkan secara terus menerus mesin ini? Caranya dengan menggunkaan alat pendorong seperti gambar dibawah ini.

Gambar tersebut adalah pandangan atas dan samping alat pendorongnya (sumber gaya pendorong ditandai dengan lingkaran merah), alat ini terlihat tergantung agak miring keatas jika dilihat dari samping sehingga kekuatan pada poros vertikal mencegahnya dari terjatuh.

Tidak usah bingung, prinsip kerja sederhananya sama seperti roda sepeda yang terus menerus berputar karena gaya dorong seperti yang saya cantumkan pada video dibawah ini. 

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :
http://www.wired.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here