Penyebutan Nama Nabi Muhammad SAW dan Ramalan Kedatangannya dalam Injil

33
4065
Penyebutan Nama Nabi Muhammad SAW dan Ramalan Kedatangannya dalam Injil
Penyebutan Nama Nabi Muhammad SAW dan Ramalan Kedatangannya dalam Injil

Dalam Injil perjanjian lama (Old Testament) dalam bahasa Hebrew (Ibrani), sangat jelas nama Nabi Muhammad saw disebutkan pada Song of Songs (שִׁיר הַשִּׁירִים) bab 5 ayat 16 yang berbunyi :

חִכּוֹ, מַמְתַקִּים, וְכֻלּוֹ, מַחֲמַדִּים; זֶה דוֹדִי וְזֶה רֵעִי, בְּנוֹת יְרוּשָׁלִָם
“Hikko Mamittakim we kullo Muhammadim Zehdoodeh wa Zehraee Bayna Jerusalem.”

 Kalian bisa dengan jelas mendengarkan kata “Muhammadim” pada video berikut ini :

Sekali lagi untuk memperjelas cara pengucapannya, saya akan sertakan video di youtube yang di upload oleh seorang Rabbi Moshe P. Weisblum PhD dalam akun youtube-nya disini :

Pada menit ke 21 detik ke 5 sangat jelas Rabbi Moshe Weisblum mengatakan “Muhammadim”.

Namun dalam Injil yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, nama Muhammadim digantikan dengan altogether lovely, terjemahannya sebagai berikut :

His mouth is most sweet; yea, he is altogether lovely. This is my beloved, and this is my friend, O daughters of Jerusalem.

Sebaliknya, menurut Ben Yehuda Ibrani-English Dictionary, kata itu benar diucapkan sebagai “Muhammad” bukan “altogether lovely” sebagaimana yang tertulis dalam Injil berbahasa Inggris.

Kenapa Muhammadim bukan Muhammad? 

Mungkin bagi kalian yang tidak mengerti kaidah-kaidah bahasa Ibrani akan mengatakan bahwa kenapa yang digunakan Muhammadim dan bukan Muhammad?

Kata “im” pada kata Muhammadim di sini adalah jamak yang banyak digunakan dalam injil berbahasa Ibrani, karena jamak maka diucapkan “Muhammad-im“. Ayat yang berakhir “im” adalah jamak yang berarti penghormatan, keagungan dan kemegahan bagi nabi Allah, seperti dalam kata Eloh-im.

Jadi sangat jelas kata “im” dalam bahasa Ibrani adalah bentuk jamak yang berarti penghormatan.

Dalam akun youtube-nya Rabbi Moshe Weisblum menyanggah dan mengartikan kata Muhammadim bukanlah Nabi Muhammad saw tetapi praise (terpuji) seperti dikutip dalam komentarnya, ia mengatakan :

The Hebrew word מַחֲמַדִּים can translate to friendly, sweet, praise, sweet-pet

Berikut screenshot-nya saya sertakan, di akses tanggal 18 Maret 2015 jam 9:23.

Namun Rabbi Moshe Weisblum yang bisa berbahasa Ibrani dan Inggris ini tidak mengetahui bahwa arti sebenarnya kata “Muhammad” (محمد) dalam bahasa Arab juga ialah terpuji. Menurut kaidah tata bahasa Arab (Ilmu Tashrif / perubahan kata-kata / Arabic Grammer), kata Muhammad (محمد) merupakan Isim Maf’ul (yang terkena sebagai Objek) dari kata Hammada (حمد) Fi`il Madhi (kata kerja/verb) yang berarti telah memuji. Rabbi Moshe Weisblum seharusnya merujuk pada bahasa Arab yang memiliki hubungan rumpun bahasa semit (Semitic) bukannya diartikan dalam bahasa Inggris secara mentah-mentah, apalagi dengan tidak merujuk kepada penggunaan kaidah-kaidah bahasanya.

Bahasa Ibrani dan Arab memiliki kesamaan rumpun bahasa Semit (lihat lebih detail disini https://www.youtube.com/watch?v=4s2UTAtSKd0)

Saya tidak bermaksud ikut-ikutan menerjemahkan nama seseorang dengan mengartikannya ke dalam bahasa lain, tetapi logika saja, jika seseorang memiliki nama Muhammad dimanapun di seluruh dunia ini maka namanya akan tetap dipanggil Muhammad bukan Terpuji atau Puji yang dipanggil dalam bahasa Indonesia misalnya. Seseorang dikatakan Mr. Black tetaplah di katakan Mr. Black meskipun kulit nya berwarna putih.

Kata מחמדים dalam bahasa Ibrani adalah nama orang yaitu Muhammad bukan “altogether lovely” sebagaimana terjemahan dalam injil versi bahasa Inggris-nya.

Saya tidak akan meggunakan aplikasi translate Hebrew ke English yang ada di internet karena sering terjadi ketidakkonsistenan dalam mengartikan sebuah kata, meskipun masih ada beberapa aplikasi penerjemah bahasa Hebrew ke English seperti MyMemory.Translate.Net yang mengartikan kata מחמדים dengan nama Nabi Muhammad saw.

Merujuk pada aplikasi terjemahan online MyMemory http://mymemory.translated.net kata מחמדים berarti Muhammad the great (Nabi Muhammad saw)

Ketidakkonsistenan penerjemahan nama Muhammad ada pada aplikasi translate online yang digunakan FreeTranslation.com. Kalian bisa melihat video di youtube yang di upload tanggal 28 November 2012 berikut ini.

Perhatikan di menit ke 6 detik ke 34, saat di translate Hebrew ke English, aplikasi translate online www.freetranslation.com mengartikan kata מחמדים dengan nama Muhammad yang di akses pada saat itu tanggal 28 November 2012, namun setelah saya periksa kembali pada tanggal 18 Maret 2015 jam 10:35, kata מחמדים diterjemahkan kedalam bahasa Inggris menjadi Beloved bukan Muhammad lagi.

Ketidakkonsistenan yang diterjemahkan website penerjemah online www.freetranslation.com. Kata מחמדים diterjemahkan kedalam bahasa Inggris menjadi Beloved (sekarang) bukan Muhammad lagi seperti sebelumnya yang di akses tanggal 28 November 2012.

Ramalan kedatangan Nabi Muhammad saw (Ahmad) dalam Injil

Sebab-sebab turunnya nubuat akan kedatangan seorang nabi yang diutus bagi semua bangsa yang bernama “Ahmad” adalah ketika bangsa Israel yang telah hancur jatuh terpuruk diijinkan kembali membangun Yerusalem dan Bait Sulaiman yang telah diratakan dengan tanah oleh bangsa Khaldea, sebagian orang berada dalam kegembiraan dan sebagaian yang lain berada dalam kesedihan yang memilukan karena teringat kembali akan keindahan Bait Agung Sulaiman.

Pada saat itulah, Allah mengutus Haggai (Menurut Alkitab Haggai adalah seorang nabi) untuk menghibur bangsa Israel yang telah terpuruk dengan menyampaikan janji Allah bahwa akan diutus seseorang yang akan mengangkat kembali bangsa Israel dari keterpurukan :

Dan aku akan menggoncangkan semua bangsa, dan HIMADA untuk semua bangsa ini akan datang; dan aku akan mengisi rumah ini dengan kemegahan, kata Tuhan pemilik rumah. (Haggai 2:7)

Seseorang yang diutus untuk mengangkat kembali bangsa Israel adalah Himada, bangsa Israel tentu menunggu sang Himada segera datang agar bangsanya segera bangkit dari keterpurukan. Namun sayang seribu sayang bangsa Israel tidak menafsirkan kata Himada sebagai nama riil seorang Nabi yang diutus, tetapi mereka menafsirkan kata Himada sebagai kata sifat yang abstrak sesuai arti Himada dalam bahasa mereka yaitu : keinginan, hasrat, kerinduan dan pujian.

Tentu saja ketika janji Allah tersebut diterjemahkan kedalam bahasa lain, maka yang terjadi adalah kata Himada akan ikut diterjemahkan dan berubah dengan sendirinya, mari kita lihat terjemahannya ke dalam bahasa Inggris :

 

And I will shake all nations, and the desire of all nations shall come: and I will fill this house with glory, saith the LORD of hosts. (Haggai 2:7)

 

Lihatlah kata Himada diterjemahkan menjadi desire dalam bahasa Inggris yang artinya keinginan atau hasrat, hal ini dianggap benar oleh para penulis Injil karena mereka memahami Himada bukanlah nama orang tetapi sebagai kata benda abstrak.

Perlu diketahui terjemahan Alkitab dalam bahasa apapun, baik kedalam bahasa Arab, Indonesia, Jepang, Spanyol dan bahasa-bahasa lainnya adalah mengambil dari Alkitab yang berbahasa Inggris tersebut, sehingga tidak aneh kalau kita tidak menemukan nama Ahmad dalam Alkitab.

Mari kita lihat terjemahan Alkitab dalam bahasa Indonesia yang diterjemahkan dari Alkitab berbahasa Inggris :

Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam. (Haggai 2:8)

Lihatlah kata desire dalam bahasa inggris diterjemahkan menjadi barang yang indah-indah, dari sini saja sudah nampak distorsi dari Inggris ke Indonesia, sehingga makin tersembu-nyilah nama Ahmad dalam Alkitab. Sebagai informasi tambahan, kalau kita amati Alkitab berbahasa Inggris mencatat ayat tersebut dalam Hagai 2:7 tetapi dalam Alkitab berbahasa Indonesia tercatat dalam Hagai 2:8 tentu saja selisih satu ayat ini perlu dipertanyakan penyebabnya.

Tetapi kalau Alkitab yang berbahasa Inggris kita terjemahkan ke dalam bahasa Yahudi atau Ibrani, maka kata Himada tersebut akan muncul kembali dengan sendirinya, kurang-lebihnya seperti berikut ini :

ve yavu himdath kol haggoyim

Huruf th dalam kata Himdath bisa diganti menjadi hi atau bahkan dihilangkan sama sekali, sekarang mari kita analisa kata-kata dalam bahasa Yahudi, Ibrani dan Arab :

Himdath = Himdahi = Himda = bahasa Yahudi
Himada = bahasa Ibrani
Ahmad = bahasa Arab

Semua kata tersebut mempunyai kesamaan arti yaitu “terpuji” dan mempunyai kesamaan akar kata yaitu H-M-D, lihatlah bila kita hilangkan vokal dan kita biarkan konsonannya, maka akan menjadi :

H-M-D = dalam bahasa Yahudi
H-M-D = dalam bahasa Ibrani
H-M-D = dalam bahasa Arab

Tentu ini sebuah bukti yang tak dapat dibantah sedikitpun, dan bagi siapapun yang ahli dalam bahasa Semit tentu mempunyai kesimpulan yang sama bahwa Himada dan Ahmad adalah sama, tentu kesimpulannya adalah nama Ahmad memang ada dalam Alkitab.

Nabi Muhammad saw dalam The Gospel of John (Injil Yohanes)

Apakah ada nubuat tentang kedatangan Nabi Muhammad dalam Gospel? Sebenarnya ada sebuah ayat, dan ayat ini terasa kontroversial bahkan di kalangan orang-orang Kristen sendiri. Ini ada dalam Gospel Yohanes 14:16 yang berbunyi:

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu Penolong lain, yang akan tinggal bersama kalian untuk selama-lamanya.

Jadi kata-kata aslinya dalam Bahasa Yunani adalah Paracletos. Lalu kata ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi “penolong.” Ada perbedaan pendapat tentang apakah makna sebenarnya dari kata ini? Tapi beberapa sarjana Kristen mengatakan bahwa kata itu dalam Bahasa Aramik berarti Ahmad. Ahmad sebuah julukan yang diberikan kepada Nabi Muhammad di dalam Alqur’an. Dan sebenarnya kata Ahmad dalam Bahasa Aramik berarti penolong atau sama dengan Bahasa Yunani “Paracletos”. Dan sangat menarik karena disebutkan bahwa “Dia akan tinggal bersama kalian untuk selama-lamanya.” Setelah Penolong terakhir ini datang, maka tidak ada lagi Penolong yang lain.

Mari lihat dalam Yohanes 15:26

Aku akan mengutus kepadamu Penolong yang berasal dari Bapa. Dialah Roh yang akan menyatakan kebenaran tentang Allah. Apabila Ia datang, Ia akan memberi kesaksian tentang Aku

Dengan kata lain, Nabi Muhammad bersaksi tentang Yesus (Nabi Isa) persis seperti yang ada di dalam Al-Qur’an. Dan Allah menetapkan bahwa kita tidak bisa menjadi seorang muslim kecuali mengimani para rasul termasuk Yesus (Nabi Isa), karena dia adalah seorang Rasul Tuhan dan seorang messiah bagi Bani Israel, berbeda dengan pemahaman orang Kristen yang menganggapnya sebagai Tuhan atau anak Tuhan.

Dan di dalam Yohanes 14:26 tertulis:

tetapi Penolong, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah kukatakan kepadamu.

Dan dalam Yohanes 16:7-14 tertulis:

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika aku pergi. Sebab jikalau aku tidak pergi, Penolong itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau aku pergi, aku akan mengutus Dia kepadamu. Kalau Ia datang, Ia akan menyatakan kepada dunia arti sebenarnya dari dosa, dari apa yang benar, dan dari hukuman Allah.

Beberapa umat Kristen mengatakan bahwa sang penolong adalah Roh Kudus. Tapi ini tidak benar karena Yesus berkata “Jikalau aku tidak pergi, penolong itu tidak akan datang” sedangkan Roh Kudus mendampingi Yesus dan murid-muridnya. Jadi Penolong itu bukanlah Roh Kudus.

Sedangkan umat Muslim meyakini bahwa Roh Kudus adalah Malaikat Gabriel (Malaikat Jibril). Ruhul Qudus adalah Roh Kudus. Ruh = Roh, Qudus=Kudus. Malaikat Jibril adalah malaikat penyampai wahyu. Jadi wahyu yang baru/Roh Kudus tidak akan datang, kecuali kalau Yesus telah tiada. Jadi Yesus harus pergi agar penolong Muhammad S.A.W. datang.

Rudolf Bultmann
Rudolf Bultmann seorang teolog Lutheran Jerman dan profesor Perjanjian Baru di Universitas Marburg. Dia adalah salah satu tokoh utama studi Alkitab abad ke-20 awal dan orator yang menonjol dalam kekristenan liberal.

Rudolf Bultmann dalam bukunya “Gospel of John: A Commentary” menulis:

Paraclete (penolong) adalah figur yang sama dengan Yesus. Dan hal ini sendiri mengkonfirmasi kesimpulan bahwa bukti-buktinya cocok untuk keduanya (baik untuk Yesus maupun “penolong”), jadi dia pasti seperti Yesus. Dan sangat jelas dari Yohanes 14:16, bahwa akan ada 2 paraclete, yaitu Yesus dan orang setelahnya.

Penolong disini tak lain dan tak bukan adalah Nabi Muhammad saw yang sesuai namanya karena memiliki akhlak yang terpuji seperti yang di maksud Injil dan Al Qur’an dalam bahasa aslinya.

Semoga bermanfaat 🙂

Silahkan di copy paste asalkan dicantumkan web saya sebagai referensi ya 🙂

Sumber :

33 COMMENTS

  1. kalau baca semua kitab suci jangan setengah setengah mas
    baca dari depan sampai belakang jangan sepotong2
    emang cara baca alquran juga sepotek sepotek
    baca novel aja ampe abis mas jangan sedikit sedikit nanti nangkep ceritanya beda
    saya, ibu saya, istri saya dari islam mas
    sekarang kami kristen karna terlalu banyak kami berdosa dengan menyakiti orang lain yang bukan islam (seperti yang mas lakukan bahkan lebih parah) mohon ampunlah sama Tuhan mas sayang kalau mati buat disiksa kubur doang terus ga bisa ketemu Tuhan lagi nabi besar M. SAW (kaya judul film pembunuhan gitu) masih didoakan untuk mendapat tempat yang baik di "afterlife" gimana mas coba
    yang saya tahu otak dan pemahaman saya masih terlalu jauh dengan kekuasaan Tuhan tidak bisa akal manusia menanggap dan mencatat kebenaran tentang Tuhan dan semua menerka karna belum ada yang pasti sampai kita mati secara jasmani. mungkin alasan ini lebih rasional
    mau dengan kata yhwh adonay elohim allah tuhan muhhamad isa kita coba mengenal Dia ( karna Dia adalah Dia; tidak bernama ). kata kata yang kita ucapkan untuk memanggil Dia hanya karna kita belajar berkomunikasi dengan sesama sehingga kita mencoba berkomunikasi juga dengan Dia secara verbal padahal Dia adalah sosok yang tidak terbatas, jika kita pun terbentuk dengan cara berkomunikasi dengan bahasa tubuh kita pun tidak dapat memanggil allah tuhan muhhamad isa untuk menunjukkan itu Dia. Kitab kitab ini tulisan manusia yang mencoba menggambarkan Dia menurut pengalaman hidup sang penulis dengan Dia. Islam Kristen Yahudi semua nya hanya pilihan untuk menggambarkan Dia. Semua diduna ini akan berakhir jadi tidak perlu memperjuangkan hal yang akan binasa ada baiknya mas memperjuangan mendekatkan diri pada Dia. Kalau misal mau sharing saya siap mas dulu jg saya Muslim yang sangat ingin menjatuhkan ajaran lain dan teman teman saya juga sekarang masih banyak yang gitu. mumpung masih ada waktu bertobatlah. Biarlah Dia memberkatimu

    • ketika Nabi Isa menyampaikan dakwahnya pada kaum Israil dan Allah menurunkan Injil dengan bahasa Ibrani sesuai dengan bahasa ummatnya ketika itu. Namun dalam bible yang beredar adalah terjemahannya berupa bahasa Indonisia , Inggeris dllnya tanpa mengikut sertakan Injil bahasa aslinya sehingga dengan terang benderang jelas sekali pasti ada penambahan dan pengurangannya dari bunyi aslinya Injil pada masa Nabi. Jadi yg dibaca itu adalah terjemahan tanpa ada aslinya.Maka bible itu diragukan . Ini kitab suci jadi harus otentik seperti Injil dimasa Nabi bahasanya. Jelas sekali bible itu meragukan

  2. "Aku akan mengutus kepadamu Penolong yang berasal dari Bapa. Dialah Roh yang akan menyatakan kebenaran tentang Allah. Apabila Ia datang, Ia akan memberi kesaksian tentang Aku"

    Jelas sekali bahwa Penolong itu adalah "Utusan Yesus". Kalau dia diterjemahkan sebagai Muhammad, berarti Muhammad adalah Rasul Isa. Berarti Isa = Allah, karena Muslim percaya bahwa Muhammad adalah Rasul Allah. Mestinya syahadatnya diganti Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Isa :-))

    • Ini sih klo dilihat dr bahasanya yah?? Samakan dlu persepsinya jika yesus jg manusia.. Aku=yesus Bapa=Tuhan Roh penolong=Muhammad kepadamu=umat manusia

      Jika dijabarkan.. Yesus memberitahukan kepada manusia (zaman Yesus) jika dia meminta kepada Tuhan agar Muhammad itu datang untuk menjelaskan tentang Tuhan dan Juga Yesus..

      Jadi tetap saja muhammad itu utusan Tuhan karena Yesus meminta kepada Tuhan tentang Muhammad (berasal =diciptakan)..

      Contoh persoalan: anda memesan barang kepada pedagang untuk kluarga anda.. Pedagang menyanggupi pesanan anda dikirimilah pesanan barang untuk keluarga anda oleh pedagang mlalui kurir pedagang tsb.. Jd tetap saja kurir itu utusan (utusan=karyawan) pedagang karena anda tidak mempunyai barang tersebut..

    • Ente sudah baca semua ayatnya belum? Kita kutip lagi:

      Yohanes 15:26
      "Aku akan mengutus kepadamu Penolong yang berasal dari Bapa. Dialah Roh yang akan menyatakan kebenaran tentang Allah. Apabila Ia datang, Ia akan memberi kesaksian tentang Aku"

      Yohanes 16:7
      "Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika aku pergi. Sebab jikalau aku tidak pergi, Penolong itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau aku pergi, aku akan mengutus Dia kepadamu.

      Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

      Tiga kali Yesus mengatakan bahwa Yesuslah yang akan mengutus Penghibur itu, yaitu Roh Kudus. Jadi jelas bahwa Penghibur itu adalah utusan Yesus.

      Tetapi Yesus juga mengatakan bahwa Penghibur itu akan diutus oleh Bapa.

      Yoh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

      Jadi sekaligus Yesus menyejajarkan diri-Nya dengan Bapa, yaitu sebagai Tuhan. Karena hanya Tuhan yang berkuasa untuk mengutus Roh Kudus. Kalau pun Muslim menganggap Penghibur itu adalah Muhammad, yang adalah jelas salah, mereka kemudian harus mengakui bahwa Muhammad itu adalah utusan Yesus juga.

    • “Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuli(Yohanes 16 : 12-14)

      akan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku” Adakah Nabi yng mengagungkan Nabi Isa AS/ Yesus selain nabi Muhammad SAW, Seorang muslim tidaklah muslim jika dia tidak percaya kepada Yesus/Isa AS. Muslim percaya dia adalah seorang Nabi besar Allah muslim percaya kelahiranya adalah mukjizat,dan muslim percaya dia dapat menghidupkan orang mati atas izin Allah . .
      “Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 14:26)
      "Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika aku pergi. Sebab jikalau aku tidak pergi, Penolong itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau aku pergi, aku akan mengutus Dia kepadamu. Kalau Ia datang, Ia akan menyatakan kepada dunia arti sebenarnya dari dosa, dari apa yang benar, dan dari hukuman Allah." (Yohanes 16:9)
      jadi syaratnya roh itu datang yesus harus pergi. "jika aku pergi, aku akan mengutus dia kepada mu" dan Roh kudus sudah ada sebelum yesus datang, rohkudus jg sudah ada selama yesus ada, dia telah ada di rahim Elizabeth dan saat mengandung yohanes pambabtis dn dia sudah ada ketika yesus di babtis, jadi bagaimana mungkin penolong itu adalah roh kudus? yesus berkata "Sebab jikalau aku tidak pergi, Penolong itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau aku pergi, aku akan mengutus Dia kepadamu" jadi syaratnya agar roh kebenaran itu datang yesus harus pergi dn ketika yesus ada penghibur itu tidak akan datang. roh kudus sudah ada ketika yesus ada, jadi bagaimana mungkin nubuat ini merujuk pada roh kudus?? bisa kah anda menolong saya memahami bible? ini tidak merujuk pada rohkudus… oke di sebutkan lebih lanjut

    • dikatan lebih lajut … kalian tidak bisa menyangkalnya karna ini fakta ..
      "Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia" (1 Yohanes 4:1)
      ROH = NABI
      Nabi palsu sma dengan Roh palsu
      Nabi yang benar sma dengan Roh kebenaran
      ini adalah julakan untuk nabi Muhammad ,nabi yng menepati janjinya Al- amin artinya Orng yng jujur,. Roh kebenaran,nabi yang benar yaitu Nabi Muhammad SAW .
      “setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.”(1 Yohanes 4:2-3)
      Perhatikan ayat itu dia mengatakanya kepada mu, “setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah” Apakah yng nabi Muhammad katakana tentang yesus?hah dia membuat satu miliar muslim saat ini .untuk percaya bahwa Yesus, Dia adalah Al-masih translate is Kristus, .. apakah punya al masih lain? Tidak ,

      Al-Qur’an membuktikan.
      ” (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah), (Q.s Ali’imran 3 : 45)

      Diala Al-Masih ,Isa Putra Maryam / Yesus putra Maria. “roh/Nabi yang mengatakan, bahwa Yesus dia Brasal dari Allah”.. tetapi orang sakit, saya tidak tahu apa yng mreka baca? Padahal Alkitab itu memberi suatu ujian yng di tunjukan kepada Nabi Muhammad , apakah orng ini berkata : Musa adalah Almasih , Abu bakar Almasih, atau Umar adalah Almasih. Hah.. Apa yng dia katakan?? Dia berkata :”Al masih Isa putra Maryam” dial ah al masih .dia lah kristus,, Jadi yng mengatakan itu adalah Nabi Tuhan yng benar . jadi benar lahh kalu yng di maksud itu MUHAMMAD adalah Roh kebenaran sama dengan Nabi yang benar . maka Muhammad adalah bersifat Roh , Tujuanya apa yng dikerjakan? Untuk keuntungan dunia? Tidak dia dan pengikutnya untuk apa? Untuk tujuan yng bersifat roh Spirit, untuk kecintaan kepada Allah. Dia melakukanya karena cinta kepada allah dan dia jg seorang Rasullallah, penutup para nabi .

    • Maaf Bro. Pengetahuan ente tentang kelanjutan ajaran Kristus sangat minim. Roh Kudus itu memang dicurahkan sekitar 50 hari setelah kenaikan Yesus. Turunnya Roh Kudus/Roh Kebenaran/Roh Allah yang dijanjikan Yesus itu dicatat dalam kitab Kisah Para Rasul 2. Ayat-ayat awalnya adalah sebagai berikut:

      Kisah Para Rasul 2:1-11
      1 Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.
      2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
      3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
      4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.
      5 ¶ Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit.
      6 Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri.
      7 Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?
      8 Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita:
      9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,
      10 Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma,
      11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah."

      Roh Kudus belum dicurahkan kepada murid-murid Yesus sebelum waktu itu. Memang Roh Kudus itu Allah juga, jadi Dia sudah ada sebelum dunia dijadikan, tetapi belum diberikan kepada murid-murid Yesus.
      Roh Kebenaran ini dikatakan Yesus akan mengingatkan murid-murid Yesus akan segala yang dikatakan Yesus. Apakah Muhammad mengingatkan murid-murid Yesus akan semua yang dikatakan Yesus? Tentu tidak, karena ketika Muhammad lahir, murid-murid Yesus sudah tidak ada semua, karena Muhammad lahir lebih dari 600 tahun sesudah Yesus. Semua yang dikatakan oleh Yesus sudah ditulis oleh murid-murid-Nya beberapa tahun setelah kenaikan Yesus, dan yang sekarang menjadi kita-kitab Perjanjian Baru.

      Roh Kebenaran juga akan memuliakan Yesus. Apakah Muhammad memuliakan Yesus? Tidak. Muhammad mengatakan bahwa Yesus bukan Anak Allah, padahal Yesus sendiri dan semua murid Yesus tahu dan bersaksi bahwa Yesus adalah Anak Allah. Justru Muhammad merendahkan Yesus dengan mengatakan bahwa Yesus (Isa) hanyalah seorang manusia biasa. Muhammad tidak memuliakan Yesus, jadi Muhammad bukan Roh Kebenaran yang dijanjikan Yesus.

    • Tentang 1 Yohanes 4:1-3, ane kutipkan lagi selengkapnya:

      1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
      2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
      3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

      Ayat di atas berbicara tentang Roh Allah atau Roh yang dari Allah. Apakah Muhammad itu Roh Allah? Gile ente kalau berpikir demikian. Muhammad itu manusia, bukan roh. Yang kedua, ente perhatikan bahwa Roh Allah adalah Roh yang mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Tunggu dulu! datang sebagai manusia? Memangnya Yesus Kristus itu apa sebelum datang sebagai manusia? Nah itulah yang perlu ente pikirkan. Yesus Kristus itu sejatinya bukan manusia, tetapi kemudian datang sebagai manusia. Yesus Kristus itu adalah Anak Allah, yang datang sebagai manusia. Roh yang mengaku demikian itulah Roh yang dari Allah. Tetapi Muhammad justru menentang hal ini. Muhammad mengatakan bahwa Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan karenanya Yesus itu bukan Anak Allah, bukan Allah.
      Nah per definisi itu, maka Muhammad justru adalah orang yang memiliki roh antikristus. Karena dia mengajarkan kebalikan dari yang diajarkan oleh Kristus. Muhammad itulah antikristus yang terbesar sepanjang masa. Kenapa? Karena dia adalah satu-satunya yang mengajarkan sesuatu tentang Kristus, tetapi kebalikan dari yang diajarkan Kristus sendiri, dan pengikutnya sangat banyak. Makanya ane bilang terbesar sepanjang masa. Dia menyangkali jati diri Kristus yang sebenarnya. Kristus yang adalah Anak Allah dan telah datang sebagai manusia.

  3. Kalo yesus tuhan gg mati di salib mati aja secara terpuji, klo yesus tuhan ngapain dia mati hidup aja kekal selama2nya biar dia ngomong sendiri klo dia tuhan, aku siap di potong leher KALO ADA ! YA KALO EMANG ADA SIH ? yesus benar2 MENGATAKAN di alkitab atau Holy bible "AKU INI TUHAN SEMBAHLAH AKU DAN TIADA TUHAN SELAIN AKU" banyak orang taruhan sama saya dan segala puji bagi Allah tuhan Tuhan semesta Alam Sampai Detik ini LEHER SAYA AMAN karna Pertanyaan diatas sampai kiamatpun tidak bisa terjawab

  4. Kalo yesus tuhan gg mati di salib mati aja secara terpuji, klo yesus tuhan ngapain dia mati hidup aja kekal selama2nya biar dia ngomong sendiri klo dia tuhan, aku siap di potong leher KALO ADA ! YA KALO EMANG ADA SIH ? yesus benar2 MENGATAKAN di alkitab atau Holy bible "AKU INI TUHAN SEMBAHLAH AKU DAN TIADA TUHAN SELAIN AKU" banyak orang taruhan sama saya dan segala puji bagi Allah tuhan Tuhan semesta Alam Sampai Detik ini LEHER SAYA AMAN karna Pertanyaan diatas sampai kiamatpun tidak bisa terjawab

  5. Gini Bro. Asal ente tahu, dalam Alkitab, sepanjang lebih dari 31.000 ayat, tidak pernah sekali pun, ingat, sekali pun, Tuhan Allah berkata "Sembahlah Aku". Tidak pernah. Dari sejak zaman Adam sampai zaman sebelum Yesus lahir, Tuhan Allah Abraham, Ishak, Yakub, dan Musa tidak pernah berkata "Sembahlah Aku". Jadi, kalau Yesus itu Tuhan, Yesus tidak akan pernah berkata "Sembahlah Aku". Kenapa? Karena sudah selama ribuan tahun saja Tuhan Allah tidak pernah berkata begitu, jadi kalau Yesus justru berkata begitu, maka Yesus itu bukan Tuhan.
    Tetapi ente berani taruhan nggak, di Alkitab Yesus pernah berkata "Akulah Tuhan" atau Akulah Tuhan Allah? Kalau berani taruhan, pasang leher ente, ntar ane tunjukkan … hehehe… nggak usah digorok, dicubit saja tapi ya? Ntar ente mati. Jangan ada kematian di sini….

  6. Buktikan surah apa bab berapa dan ayat berapa? Maaf saya beriman kepada isa al masih As tapi tidak menuhankan beliau,beliau Rasul Allah sama dengannya Nabi muhammad SAW , saya percaya segala mukzizat Nabi Isa As semua datang dan diberi karena kehendak dan izin Allah SWT, inilah bukti ketuhanan Allah SWT

    Qs Al Ikhlas :
    Qul huwallahu ahad : "Katakanlah Allah yang Maha Esa."
    Allahu somad : Allah merupakan tempat atau Tuhan untuk bergantung dari segala sesuatu yang ada di alam semesta.
    Lam yalid walam yulad :Allah tidak beranak dan juga tidak diperanakkan.
    walam yakullahu kufuwan ahad : tidak ada seorang (atau makhluk) pun yang setara (sebanding) dengan-Nya.

    Jadi klo yesus ada mengungkap sama dengan pernyataan bahwa yesus adalah tuhan yg maha esa ,yesus tuhan alam semesta ,yesus tidak beranak dan di PERANAKAN dan tiada satupun yg setara atau menandingi yesus, seperti Allah menyebutkan dalam Al quran kepada Nabi Muhammad dan Manusia di dunia hingga akhir zaman yg anda lihat di atas saya siap masuk kristen ataupun mau di potong leher atau di cubit skalipun terimakasih wassallahu ala saidina muhammadin waalla allihi washohbihhi wassalam

  7. Intinya begini Bro. Kalau ente belajar Injil dan Alkitab secara umum, ente akan melihat banyak sekali bukti/ayat yang menunjukkan bahwa Yesus adalah Tuhan. Bahwa Yesus adalah Anak Allah. Bahwa Allah yang esa itu menampakkan diri dalam 3 wujud, dan karena itu orang Kristen menyimpulkan bahwa Allah itu Trinitas. 3 in 1. Tapi bukan kayak shampoo ya hehehe….

    Nah, kemudian kalau kita berpaling pada AlQuran, maka kita akan melihat bahwa AlQuran mengajarkan yang sebaliknya, yaitu bahwa Yesus itu cuman manusia, bukan Anak Allah, dan Allah tidak beranak (tauhid) dan bahwa Yesus tidak mati disalib.

    Jadi, secara ajaran, kedua kitab itu sudah sangat berbeda. Kalau ente beriman kepada AlQuran, ente nggak mungkin bisa beriman kepada Alkitab, dan sebaliknya.

    Nah, kalau mau contoh ayat yang membuktikan bahwa Yesus itu Tuhan, Anak Allah, tentu sangat banyak. Tetapi baiklah ane pilihkan yang "eksplisit" sesuai keinginan ente:

    Yohanes 13:13 (Yesus berkata:)
    13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

    Lalu ini juga:

    Wahyu 1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."
    Wahyu 22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."
    Wahyu 1:17-18
    17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, 18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
    Wahyu 2:8 8 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:

    Jadi, kalau dari ayat-ayat di atas, bisa disimpulkan bahwa:

    Tuhan Allah = Alfa dan Omega = Yang Mahakuasa = Yang Pertama dan Yang Terkemudian = Yang Awal dan Yang Akhir = Yang Hidup = yang Telah mati, namun hidup sampai selama-lamanya = yang telah mati dan hidup kembali.

    Siapakah yang telah mati dan hidup kembali dan mengaku diri-Nya Tuhan? Hanya Yesus Kristus. Dan kitab Wahyu ini adalah wahyu Yesus kepada Yohanes. Jadi jelas sekali di sini, dari kata-kata Yesus sendiri, bahwa Dia adalah Tuhan.

  8. Buktikan surah apa bab berapa dan ayat berapa? Maaf saya beriman kepada isa al masih As tapi tidak menuhankan beliau,beliau Rasul Allah sama dengannya Nabi muhammad SAW , saya percaya segala mukzizat Nabi Isa As semua datang dan diberi karena kehendak dan izin Allah SWT, inilah bukti ketuhanan Allah SWT

    Qs Al Ikhlas :
    Qul huwallahu ahad : "Katakanlah Allah yang Maha Esa."
    Allahu somad : Allah merupakan tempat atau Tuhan untuk bergantung dari segala sesuatu yang ada di alam semesta.
    Lam yalid walam yulad :Allah tidak beranak dan juga tidak diperanakkan.
    walam yakullahu kufuwan ahad : tidak ada seorang (atau makhluk) pun yang setara (sebanding) dengan-Nya.

    Jadi klo yesus ada mengungkap sama dengan pernyataan bahwa yesus adalah tuhan yg maha esa ,yesus tuhan alam semesta ,yesus tidak beranak dan di PERANAKAN dan tiada satupun yg setara atau menandingi yesus, seperti Allah menyebutkan dalam Al quran kepada Nabi Muhammad dan Manusia di dunia hingga akhir zaman yg anda lihat di atas saya siap masuk kristen ataupun mau di potong leher atau di cubit skalipun terimakasih wassallahu ala saidina muhammadin waalla allihi washohbihhi wassalam

    • Kan itu di atas sudah ane kutipkan. Dari kitab Yohanes dan Wahyu, ayatnya ada, bunyinya ada.
      Kalau ente minta surah di Quran ya jelas nggak ada. Tapi kalau di Alkitab, ya itu di Yohanes dan di Wahyu.

    • Lah iya. Ente minta ayat dalam Alkitab yang menunjukkan bahwa Yesus adalah Tuhan atau mengaku diri-Nya Tuhan kan? Ya sudah ane kutipkan dari kitab Yohanes dan Wahyu di atas. Ini ane kutipkan lagi. Silakan ente pelototin baik-baik ayat-ayat Alkitab yang membuktikan bahwa Yesus mengaku diri-Nya Tuhan:

      ========================================
      Yohanes 13:13 (Yesus berkata:)
      13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

      Lalu ini juga:

      Wahyu 1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."
      Wahyu 22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."
      Wahyu 1:17-18
      17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, 18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
      Wahyu 2:8 8 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:

      Jadi, kalau dari ayat-ayat di atas, bisa disimpulkan bahwa:

      Tuhan Allah = Alfa dan Omega = Yang Mahakuasa = Yang Pertama dan Yang Terkemudian = Yang Awal dan Yang Akhir = Yang Hidup = yang Telah mati, namun hidup sampai selama-lamanya = yang telah mati dan hidup kembali.
      =========================================

  9. Berarti tuhan hanyalah Allah bukan yesus,yesus di ciptakan Allah berarti yesus bukan tuhan Allah tidak pernah mati dan kekal selama2nya sedangkan yesus mati berarti kesimpulan diatas yesus bukan tuhan terimakasih saya dapat ilmu baru ayat diatas menjelaskan ketuhanan Allah SWT tetapi bukan ketuhanan yesus karena yesus selalu mengutamakan tuhan itu Allah bukan dirinya

    • Oh, bukan begitu Bro. Yesus jelas-jelas mengatakan bahwa Dia telah mati, namun hidup kembali, dan Dia memegang semua kunci maut dan kerajaan maut. Hanya Tuhan yang bisa begitu. Mati dan hidup kembali. Perhatikan lagi ayatnya:

      17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, 18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

      Wahyu 2:8 8 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:

      Yesus itu Anak Allah. Itulah misteri Trinitas. Allah menyatakan diri-Nya sebagai Bapa, Putera, dan Roh Kudus.

  10. Cuman sekedar mengingatkan dan menambahkan intinya sama2 berbagi ilmu dan logika jika tuhan itu dikatakan Esa itu artinya Esa itu SATU , Kalau berwujud 3 itu artinya tuhan itu 3 berarti bukan Tuhan yg Esa , 1 JADI 3 ,3 JADI 1 APAKAH ITU YANG DINAMAKAN 1 ? BAHASA APA ITU KAH SAUDARAKU? BISA BERBAHASA INDONESIA yang baik dan benar KAN? KENAPA NGGAK 1 JADI 1000 ATAU 1000 JADI 1 BIAR TUHANNYA TAMBAH STRONG TAMBAH GANAS TAMBAH TIADA TANDINGANNYA, saya belajar dan saya berlogika saya mencari iman dan kebenaran karena hidup itu pasti tidak dengan keragu-raguan ataupun kebimbangan

    • Tuhan Esa itu artinya tidak ada Tuhan selain Tuhan yang satu itu. Tetapi masalah dalam berapa pribadi Dia menyatakan diri-Nya, itu hak Tuhan itu sendiri. Kalau Tuhan hanya bisa berwujud 1, maka itu bukan Tuhan yang sejati, karena Dia tidak ada bedanya dengan manusia dan setan dan malaikat, iya kan? Kalau ente sedang ada di Jakarta, maka ente nggak mungkin ada di Surabaya pada saat yang sama. Apakah Tuhan seperti itu juga? Itu namanya Tuhan tidak Mahahadir, alias tidak Mahakuasa. Tuhan yang Mahakuasa bisa memiliki wujud lebih dari satu, tetapi tetap satu. Di situlah letak kemahakuasaan dan kemahahadiran Tuhan.
      Kalau ente mau berlogika dengan benar, ente mustinya memikirkan hal ini juga. Apa bedanya Tuhan dengan manusia dan ciptaan kalau Dia bisa cuma berwujud satu untuk tetap Esa? Esa-nya Tuhan itu tidak membatasi jumlah pribadi keberadaan-Nya.

  11. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. (QS. 2:6)
    Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat. (QS. 2:7)

  12. SIAP-SIAP MENINGGALKAN ISLAM SEBELUM KIAMAT.

    BATU HAJAR ASWAD DAN BATU RUKUN YAMANI.
    Siapakah sebenarnya batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini adalah alloh?
    Apakah tujuan naik haji hanya untuk mengusap batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini yang disembah waktu sholat?

    SADAR ATAU TIDAK SADAR SABDA INI DILAKUKAN AKAN MENGANTARKAN ANDA KE NERAKA.
    SABDA INI DIBACA HARUS MEMAKAI KACA PEMBESAR AGAR JELAS ARTINYA.
    sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “Sesungguhnya, mengusap Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapuskan dosa-dosa.” (HR. Ahmad dari Ibnu Umar, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami, no. 2194)

  13. untuk anda apakah mungkin yesus itu tuhan ? saya membaca surat di alkitab bahwa yesus bertarung dengan yakub dan kalah .Ini saya tidak mengada-ngada ya ..masa iya tuhan kalah sama ciptaan nya sendiri berarti nggak ada kekuasaan lagi dong.dan di permalukan ciptaan nya sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here