Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense dengan Pengujian dan Pengoptimalan Website

1
248
Berhasil tidaknya sebuah website atau blog kalian dalam meningkatkan pendapatan Adsense perlu melibatkan banyak hal dan hasil maksimal. Ada satu hal untuk meningkatkan adsense kalian yang selalu dipikirkan oleh para pengelola web. Yaitu optimasi pendapatan iklan adsense itu sendiri.
Optimalkan Adsense, tanpa terlalu memperhatikan kuantitas traffic
Tentu saja bukan rahasia umum lagi bahwa banyak pengiklan online memperhatikan website atau blog yang memiliki traffic yang tinggi karena kemungkinan besar iklannya sering dikunjungi. Banyak pengiklan online ataupun pengelola web sering mengabaikan optimasi adsense dengan hanya meningkatkan CTR unit iklan saja tanpa memperhatikan optimasi adsense-nya itu sendiri.
Optimalisasi penerimaan iklan dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan Adsense, meskipun traffic ke situs tersebut tidak berubah sama sekali. Jadi, kita tidak perlu terlalu fokus pada peningkatan traffic, meskipun tetap perlu melakukan optimasi traffic (kualitas dan kuantitas berbanding sama).  Dengan begitu, pendapatan dari adsense akan maksimal dengan kemampuan terbaik yang dimiliki.
Ada beberapa konsep inti yang perlu kalian perhatikan dalam mengoptimalkan pendapatan adsense. Strategi terbaik adalah optimasi harus bisa diterapkan baik di Google Adsense atau jaringan iklan online lainnya, akan membantu memastikan bahwa iklan membawa sebanyak mungkin pendapatan, terlepas dari ada perubahan traffic atau tidak.
Mempersiapkan iklan adsense pada halaman utama web
Apakah iklan yang memiliki CTR tertinggi harus berada ada halaman utama? Ya, itu pasti. Adsense yang dimiliki suatu situs biasanya memiliki 2 atau 3 unit iklan (maksimal iklan google Adsense yang diperbolehkan adalah 3), struktur html harus sedemikian rupa sehingga iklan dengan CTR tertinggi (rata-rata) harus dimuat pertama kali. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan tag <div> dan sedikit pengaturan CSS. Alasan mengapa demikian sangat sederhana: Adsense yang memiliki bayaran paling tinggi ditampilkan pertama kali dan paling atas (pertama di muat), dan kedua sampai adsense ketiga memiliki pendapatan yang dibawahnya. Kalianpun tidak perlu jenius dengan mengatahui bahwa: CTR tertinggi pada iklan yang dibayar tertinggi = banyaknya uang tambahan, yang mungkin belum kalian hasilkan sekarang.
Pengujian menggunakan A/B testing – Dua variasi yang menampilkan ukuran iklan dan lokasi yang berbeda 
Lokasi, lokasi dan lokasi
Performa iklan sangat berbeda berdasarkan lokasinya pada halaman tertentu. Selalu pastikan untuk menempatkan iklan di posisi yang strategis karena hal ini membuatnya jauh lebih mudah untuk meningkatkan CTR (dan penghasilan kalian) bahkan ketika traffic situs tetap konstan. Penempatan adalah konsep lain yang mengikat secara langsung dengan konteks dan ukuran. Hal ini penting untuk memastikan bahwa penempatan iklan berada di posisi strategis, dan ini diperlukan pengujian secara terus menerus dan optimasi adalah kuncinya.
Desain halaman web yang responsif sama pentingnya. Penempatan yang dilengkapi dengan desain responsif akan dapat menampilkan iklan yang secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar di mana sedang dilihat. Iklan yang berubah secara otomatis tergantung pada ukuran layar pengunjung web sangat berharga untuk meningkatkan CTR unit iklan kalian dan tentunya penghasilan adsense kalian. Hal ini tidak hanya membantu konten online menjangkau khalayak yang lebih luas tetapi juga dengan memperhatikan tampilan yang dapat dilihat pada beberapa perangkat, apalagi ditambah juga mengurangi waktu loading halaman web. Kalian bisa menggunakan link disini untuk mendapatkan kode sampel untuk menyiapkan iklan desain responsif pada website kalian.
Ukuran sangat berpengaruh

Ukuran iklan pada halaman web memiliki dampak yang sangat signifikan pada seberapa baik iklan tersebut ditampilkan.
Umumnya bahwa iklan yang memiliki ukuran lebih luas memiliki kecenderungan yang lebih baik daripada iklan lebih ramping/tinggi. Periksa video dari Tim Adsense ini. Dari contoh yang mereka demonstrasikan, penggantian iklan Skyscraper 120 x 600  (yang berada pada sidebar) dengan ukuran Wide Skyscraper 160×600 dan penggantian Banner 468 x 60 dengan iklan ukuran Persegi Medium 300×360, bisa meningkatkan Pendapatan Adsense sebanyak 109%. Inilah kekuatan optimalisasi. Bayangkan berapa banyak usaha yang dibuat oleh pembuat website untuk meningkatkan traffic mereka, tapi hanya dengan perubahan ini bisa menigkatkan pendapatan adsense sampai dua kali lipat. Jika itu berhubungan dengan ukuran iklan, pastikan konteks atau isi iklan menarik. Konsep ini sangatlah penting untuk meningkatkan pendapatan adsense. Ukuran iklan tidaklah harus besar sampai menutupi konten utama yang ingin disampaikan pada website itu, tapi tidak juga harus kecil sampai tertutup gambar yang lain.
Desain iklan
Penting untuk memilih warna iklan untuk tulisan pada iklan yang cocok. Saya tidak bosan-bosan menekankan betapa pentingnya memilih warna yang cocok untuk iklan dan tulisannya. Jika kalian belum mencobanya, cobalah sekarang, jangan heran jika kalian terkejut. Hampir semua website yang sudah mencobanya sudah menghasilkan banyak ketungungan. Kenyataannya, ada orang yang mencoba 6 variasi warna iklan di website yang dimilikinya, yang saya tahu dia adalah SEO yang cukup terkenal di forum.  Dari penelusuran saya website itu mengalami peningkatan 75% dari bagian iklan yang menggunakan salah satu variasi warna ini.

Adsense menampilkan desain yang berbeda pada tiap unit iklannya

Pengujian A/B adalah segalanya

Lokasi, ukuran dan desain, ketiga atribut unit iklan ini harus dicoba untuk bisa mendapat performa yang terbaik. Pilih beberapa lokasi iklan dengan variasi yang berbeda, pisahkan traffic antar iklan tersebut (pastikan variasi yang sama menunjukan pengunjung yang sama di waktu yang sama) dan bandingkan CTR dari variasi iklan tersebut. Dan juga pilih ukuran berbeda dari setiap iklan dan warna yang berbeda dari setiap tulisan iklan. Pengujian ini bisa dilakukan manual atau menggunakan aplikasi dari http://www.adpushup.com untuk mempermudah pengujian.

Sering-seringlah mengujinya

“Pengoptimalisasian secara terus-menerus” sudah jadi hal penting jika penerbit iklan ingin benar-benar membuat kerja sama mereka dengan Adsense atau jaringan iklan online lainnya. Alasannya sangat sederhana, perubahan terus menerus setelah beberapa bulan adalah bukti kalau tindakan pengguna dan kinerja terbaik mu masih belum sama. Dengan penyesuaian ini, pengujian dan pembelajaran yang terus-menerus dibutuhkan. Setelah kinerja unit tersebut mulai menurun, sistem akan mengidentifikasikan kembali variasi terbaik (saat itu) dan membuatnya menjadi settingan bawaan mu. Untuk meningkatkan pendapatan Adsense yang signifikan, sangatlah penting untuk melakukan proses pengoptimalan terus-menerus.

Saat bingung berhadapan dengan masalah matematika yang rumit, kita perlu sering-sering belajar. Jadi bagi penerbit iklan juga bisa tahu di mana yang paling baik untuk iklan Adsense-nya. Perubahan kecil juga bisa menyebabkan motivasi besar untuk kinerja iklan tersebut, dan yang terpenting dari marketing online adalah terus up-to-date dengan tren saat ini dan terus berlatih.

Custom search bar adalah teman mu


Mungkin Google Adsense adalah jaringan perikalanan online yang sedang populer saat ini, dan yang pasti paling disukai untuk menguangkan website. Semakin banyak klik semakin banyak pula pendapatannya, tapi salah jika menganggap semakin banyak traffic semakin banyak kliknya. Google membolehkan penerbit iklan menempatkan dua Search Bar buatan di halaman mereka. Hal ini membuat penerapan iklan Adsense lebih relevan muncul saat pengunjung menggunakan Search Bar buatan.

Jika website bekerja baik, dengan adanya satu atau dua Search Bar buatan, kemungkinan besar bisa mengoptimalkan pendapatan iklan dengan baik tanpa melakukan hal apapun untuk meningkatkan traffic website. Cara seperti ini akan memfasilitasi pengunjung yang lebih membutuhkan. Search Bar buatan membuat pengunjung lebih mudah mencari konten penerbit iklan, apalagi kalau kontennya sudah banyak.

Memanfaatkan call-to-action (CTA)

Jika fitur website tersebut besar, lakukan call-to-action (CTA), mungkin akan bagus jika menempatkan iklan di jarak yang berdekatan. Ini penting, tapi pastikan buat iklan yang  tidak membingungkan pengunjung karena mengesampingkan penempatan juga penting. Solusi dari masalah ini, termasuk pembuatan desain untuk iklan sepertinya tidak begitu sama jika dibandingkan dengan pentingnya call-to-action.

Konten adalah Raja


Bagaimanakan konten agar bisa mendorong pendapatan CTR iklan kamu? Untuk hal ini, saya tidak punya banyak gambaran untuk memuat pendapat saya di sini, mungkin lain kali saya akan menulis postingan lain yang berhubungan dengan kualitas konten dan CTR. Untuk saat ini, saya hanya memberikan dua contoh yang saling berlawanan:

Lihat pada artikel yang dibuat oleh Jim Boykin ini. Dia bilang kalau pengunjung mengaggap konten milikmu “lumayan, bagus dan memuaskan”, mereka tidak akan mencaritahu lebih jauh lagi dan membuat CTR kamu rendah. Di sisi lain, bagaimana kalau artikel tentang teknologi yang sudah kamu cari tahu dan pelajari dari berbagai macam buku berkaitan dengan pro dan kontra, ditulis dengan detail dan matang di mana tepat di bawahnya ada iklan perusahaan yang menjual produk tentang penjelasan artikel kamu ulas, apa pengunjung kamu akan klik iklan tersebut? Sementara ini jawabannya kalianlah yang menentukan. Sampai saya menemukan data statistik untuk membuktikannya.

Singkirkan iklan yang tidak relevan


Setiap orang tahu semakin relevan iklan pada websitemu semakin tinggi pula CTR mu. Lain kali kalau melihat iklan yang tidak relevan dengan websitemu, gunakanlah akun AdSense mu untuk menyaring iklan atau domain seperti itu.

Perlu diingat untuk Memikirkan Jaringan Iklan Lain


Google Adsense adalalah salah satu paling terbesar dan paling sering digunakan (dan dengan bayaran yang paling besar) dalam transaksi iklan, tapi bukan berarti hanya itu saja. Ada kelebihan dan kekurangannya, dan itu tergantung dari keuletan penerbit iklan online itu sendiri untuk memilih jaringan iklan terbaik untuk website dan pendapatan yang diperlukan.  Sebagai contoh coba lihat jasa iklan yang lain. Saya sudah melihat beberapa trhead yang mendapat komisi dari clickbank dan amazon lebih banyak dari pada Adsense. Jika melihat pilihan lain, penerbit iklan online bisa membuat kesempatan pada dirinya untuk memaksimalkan pendapatan iklan mereka.

Jika ingin menghasilkan pendapatan terbanyak dari website iklan, ada banyak caranya, seperti memastikan jaringan iklan sebanyak mungkin. Sedikit perubahan bisa membuat perbedaan besar.

Yang terakhir, Kebijakan Privasi


Entah forum SEO atau internet marketing yang saya buka, thread yang paling sering adalah tentang bagaimana Google memblokir mereka dari Adsense. Siapapun pengelola web tidak senang jika hal itu terjadi. untuk itu pastikan kalian baca semua kebijakan yang berkaitan dengan penempatan iklan sebelum melakukan perubahan.

Kamu bisa membacanya disini https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=id.


Semoga bermanfaat bagi kalian, tetap semangat 🙂

Sumber :
http://www.adpushup.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here