Cara Mudah Mencari Driver Komputer dan Laptop Secara Otomatis

4
7279

Bingung mencari driver komputer dan laptop anda? jika demikian saya akan memberikan tips bagi kamu yang bingung mencari driver komputer maupun laptop tanpa repot-repot mengeluarkan uang dengan membeli software pencari driver otomatis, semua aplikasi yang disertakan disini gratis!
Aplikasi yang saya gunakan untuk mencari driver secara otomatis adalah 3DP yang bisa kamu download pada website resminya di http://www.3dpchip.com/3dpchip/index_eng.html
3DP merupakan program yang berguna untuk mendeteksi software driver komputer dan laptop secara otomatis sekaligus sebagai aplikasi untuk menampilkan perangkat system anda. Anda dapat dengan mudah mencari driver komputer dan laptop yang disertakan link download-nya secara gratis melalui aplikasi ini. Cukup praktis bukan?
Ada dua kategori aplikasi dari 3DP yang berguna untuk mencari driver secara otomatis, sesuai dengan fungsinya saya sertakan link downloadnya dibawah ini :
  1. 3DP Chip (untuk mencari driver seperti Motherboard, VGA, Audio, Bluetooth, Card Reader, dll), kamu bisa downlaod disini
  2. 3DP Net (khusus untuk mencari driver jaringan seperti LAN dan Wireless LAN), kamu bisa download disini
Cara menggunakan aplikasi baik 3DP Chip maupun 3DP Net cukup mudah, berikut step by step-nya :
  1. Install aplikasi 3DP, jika butuh driver VGA misalnya kamu install 3DP Chip atau jika mau mencari driver Wireless LAN pakai 3DP Net
  2. Jalankan aplikasinya
  3. Maka akan muncul jendela 3DP yang menampilkan list driver yang ada sesuai spesifikasi komputer dan laptop anda (gambar 1)
    Gambar 1
  4. Klik atau pilih driver yang ingin di download, maka secara otomatis jendela browser akan menampilkan link download-nya
  5. Pilih opsi sesuai versi windows yang ada di komputer kamu, misalkan Windows 7/8 64 bit, maka pilih driver untuk windows 7 / 8 yang 64 bit (lihat gambar 2)

    Gambar 2
  6. Klik link downoad-nya
  7. Install drivernya, selesai. Cukup mudah bukan 🙂
Sedikit tips untuk mengetahui versi windows 32 bit atau 64 bit cukup mudah, kamu bisa buka Control Panel > System and Security > System, perhatikan gambar di bawah, versi windows ada pada linkaran warna merah.


Kamu bisa melihat video tutorialnya disini, jangan lupa bantu subscribe channel youtube-nya juga ya  🙂

Semoga bermanfaat 🙂

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here