Cara Mudah Mengembalikan Data Hilang di Flashdisk yang Disembunyikan Virus

0
369

 

Pernah mengalami kehilangan data di flashdisk akibat virus di laptop atau komputer kamu? Tenang dan jangan panik, data kamu tidaklah hilang tetapi disembunyikan oleh virus, istilah teknisnya adalah supper hidden. Buktinya adalah ketika kita melakukan cek di properties, kapasitas flashdisk masih memiliki kapasitas yang terpakai (lihat gambar 1), tetapi setelah kamu cek pada isi flashdisk tidak ada lagi. Inilah kenapa data kamu tidaklah hilang tetapi disembunyikan melalui perantara komputer atau laptop yang terinfeksi virus. Untuk memastikan agar tidak disembunyikan lagi oleh virus saya sarankan install antivirus terbaru dan dengan update yang terbaru.

gambar 1

Berikut adalah tutorial cara mengatasinya.Buka CMD di komputer kamu, caranya klik star menu windows di pojok kiri komputer kamu, di kotak search tulis CMD (lihat gambar 2), atau jika kamu memakai windows XP atau windows 8 cara praktisnya tekan saja wombol Windows + R, lalu ketikan CMD setelah itu klik OK (lihat gambar 3)

gambar 2
gambar 3

Setelah muncul jendela CMD, ketikan lokasi drive sesuai tempat flashdisk kamu berada, misalkan di drive I, maka ketikan “i:” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter, lihat gambar 4. Setelah itu ketik “attrib -s -h -r *.* /s /d“(tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter (lihat gambar 5).

gambar 4
gambar 5

Selesai, tunggu proses pengembalian datanya, jika sudah close jendela CMD, lalu cek di flashdisk kamu, maka data yang tadi disembunyikan virus kini sudah muncul kembali

Semoga bermanfaat 🙂

Terima kasih kepada Fikrie Arief

Sumber :
fikriearief.wordpress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here