Inilah 5 Fenomena Aneh di Alam Semesta yang Membuat Kamu Bertanya-tanya

0
2305
Ruang angkasa sangat menakjubkan dan banyak yang mungkin terlihat aneh bagi kita. Planet mengorbit di sekitar bintang-bintang yang dapat mati dan terlahir kembali, dan di setiap galaksi ada lubang hitam supermasif yang perlahan-lahan dapat menarik benda angkasa di sekitarnya. Pada artikel saya kali ini, saya akan mengulas secara singkat beberapa hal-hal yang terlihat aneh di ruang angkasa yang mungkin membuat kamu bertanya-tanya. Semoga dengan artikel ini kalian bisa menambah wawasan ilmu astronomi, yang merupakan cabang ilmu yang paling banyak mengingat dan Meng-Esakan Tuhan ini. Seperti kata Albert Einstein, “the more I study science the more I believe in God“.

Inilah 5 fenomena aneh di alam semesta yang membuat kamu bertanya-tanya.

1. Red Square Nebula 

Photo credit: Peter Tuthill & James Lloyd
Sebagian benda di luar angkasa berbentuk bulat seperti planet, bintang, galaksi dan bentuk orbit benda benda angkasa umumnya mendekati bulat atau elips. Anehnya ada sebuah nebula merah berbentuk persegi empat (Red Square Nebula). Hal ini membuat para astronom heran, karena umumnya benda angkasa tidak seharusnya persegi. Sebenarnya objek ini tidaklah berbentuk persegi. Jika kamu melihat gambar lebih dekat, kamu akan melihat tanda silang (salib) yang membentuk sisi dua buah kerucut. Kerucut Nebula berbentuk jam pasir ini begitu terang benderang karena ada bintang di pusatnya. Bintang besar ini berakhir dengan ledakan supernova, membuat cincin di dasar cahaya kerucut yang terang dan menyilaukan, menyebabkan Nebula ini terihat berbentuk persegi.

2. Pilar-pilar Penciptaan



Pilar Penciptaan adalah formasi unik debu dan gas di Nebula Elang (menyerupai elang), yang mengajak kita benar-benar melihat ke belakang dari perjalanan waktu. Bagaimana bisa? Karena dibutuhkan 7.000 tahun cahaya untuk mencapai Nebula Elang dari Bumi, kita bisa melihat objek ini dengan bantuan teleskop ruang angkasa Hubble yang menerima pantulan cahaya dari objek yang menakjubkan ini. Menariknya, para astronom berpikir bahwa Pilar Penciptaan ini sebenarnya telar hancur akibat ledakan supernova sekitar 6.000 tahun yang lalu. Karena pantulan cahaya yang begitu lama yang diterima kita melalui teleskop Hubble, kita masih bisa melihat pilar penciptaan ini pada langit malam, meskipun disana pilar ini tidak ada lagi.

Baca juga artikel saya mengenai Pilar Penciptaan disini.

3. Tabrakan antar Galaksi

Benda angkasa terus bergerak di dalam ruang orbit, berotasi, dan berevolusi di ruang hampa. Karena tarikan gravitasi yang sangat besar di antara benda angkasa, galaksi cenderung bisa bertabrakan satu sama lain secara teratur. Ketika dua galaksi yang berisi miliaran bintang bertabrakan, bukankan ini menjadi hal yang begitu kompleks? Sebenarnya, pada kasus tabrakan galaksi memang dimungkinkan, tetapi ada dua bintang saja yang bertabrakan pada kedua galaksi tersebut praktis adalah nol. Bagaimana ini bisa terjadi? Karena ruang angkasa yang begitu luas dan banyak berisi ruang kosong, ruang angkasa sebenernya memiliki ruang yang cukup kosong untuk diisi miliaran bintang yang jaraknya saling berjauhan. Karena jaraknya yang jauh mungkin menurut kita galaksi terlihat padat dan dekat, ingat bahwa kita berada di galaksi bima sakti, bintang terdekat dengan kita saja berjarak 4,2 tahun cahaya. Bukankah begitu banyak ruang dan hampir tidaklah mungkin dua bintang saling bertabrakan, apalagi dalam galaksi yang begitu luas. Bisa kamu bayangkan bukan betapa luas dan kosongnya alam semesta yang kita tinggali ini.

4. Energi Gelap dan Materi Gelap

Ketika Anda melihat langit malam, Anda melihat banyak hal bersinar seperti bintang-bintang, planet, dan galaksi. Mungkin terdengar aneh bahwa sebagian besar alam semesta sebenarnya gelap. Sebenarnya proton, neutron dan elektron-lah yang membuat segala sesuatunya kita dapat lihat, dan itu berarti segala sesuatu dengan teleskop yang kita lihat, menjelaskan hanya sekitar 4% dari massa dan energi dari alam semesta. Dengan begitu sekitar 70% dari alam semesta adalah apa yang dikenal sebagai energi gelap, sekitar 26% adalah apa yang disebut materi gelap.

Lingkaran Materi Gelap di Cluster CI 0024+17 dari Teleskop Luar Angkasa Hubble

Bagian tersulit tentang alam semesta gelap adalah bahwa para astronom tidak dapat secara langsung melihatnya. Kita hanya dapat melihat efek zat-zat asing yang ada pada materi di sekelilingnya melalui gravitasi. Baik materi gelap dan energi gelap masih menjadi misteri besar para astronom saat ini. Untuk mempelajari lebih jauh tentang materi atau energi gelap kamu bisa membacanya pada artikel saya disini.

5. Bagaimana cara lubang hitam membunuh kita (ilustrasi)

Lubang hitam adalah salah satu benda angkasa yang benar-benar aneh di antara benda angkasa lainnya. Seperti yang kita ketahui tentang lubang hitam, bahwa semakin tersedot ke dalam lubang hitam berarti semakin menghancurkan benda-benda yang ada disekitarnya. Akibat tarikan gravitasi yang sangat besar pada inti lubang hitam, menjadikan benda angkasa yang satu ini menakutkan dibandingkan dengan benda angkasa lainnya, bahkan cahaya tidak dapat lari dari cengkraman lubang hitam. Seandainya tubuh kita masuk ke dalam pusaran lubang hitam, tubuh kita akan hancur menjadi butiran-butiran atom sebelum akhirnya musnah dilahap inti lubang hitam. Tentu saja ini hanyalah ilustrasi saja, dan tidak ada lubang hitam di tata surya kita meskipun ada pada inti galaksi kita, namun jaraknya cukup jauh untuk menarik tata surya kita kesana, kecuali terjadinya keruntuhan besar (big crunch) sebagai akhir alam semesta yang terjadi suatu saat nanti, lihat artikel saya mengenai Bagaimanakah Cara Alam Semesta Berakhir (Kiamat)?

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai alam semesta 🙂

Sumber :
http://listverse.com