Inilah Cara Mengembalikan Data yang Hilang dari Memori atau Hardisk

0
3136
Pernahkah kamu menghapus file secara tidak sengaja dan kamu ingin mengembalikan datanya? Jika kamu sengaja menghapusnya secara permanen dengan tombol Shift + Delete di komputer atau mengosongkan data di Recycle Bin, data tersebut akan terhapus secara permanen. Namun adakah cara untuk mengembalikan file atau data yang hilang tersebut seandainya kamu tidak sengaja menghapusnya secara permanen? Jangan khawatir, Anda mungkin masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan file-nya kembali. Artikel akan membantu kamu untuk mengatasi hal tersebut dengan beberapa spftware gratis yang dapat memulihkan (recovery) file yang dihapus dari hard drive atau perangkat penyimpanan lainnya seperti memori hp seperti sdcard atau microsd.

Ada banyak software gratis yang memungkinkan kamu untuk melakukan recovery data yang hilang. Beberapa diantaranya adalah:
1. Pandora Recovery 
Pandora Recovery adalah software gratis yang menawarkan antarmuka dengan panduan step by step (wizard) untuk memulihkan file. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk menelusuri folder drive pada driver tertentu untuk mencari file yang telah dihapus. Selain itu, software ini juga memungkinkan kamu mencari file yang dihapus berdasarkan nama, ukuran file, tanggal pembuatan dan waktu akses terakhir. Pencarian file hilang secara mendalam memungkinkan kamu untuk memulihkan file pada lokasi yang spesifik. Meskipun pencarian file secara mendalam ini tidak mengembalikan nama asli file dan lokasi sebelumnya, tetapi masih efektif untuk memulihkan data yang corrupt (rusak) dan dari hardisk atau memori yang baru di format. Bahkan kamu dapat memulihkan data dari CD dan DVD dengan software ini.
Screenshot dari aplikasi Pandora Recovery
Kamu bisa download software Pandora Recovery disini
2. TOKIWA DataRecovery
Software ini tidak lebih dari 500KB, TOKIWA DataRecovery adalah program recovery file dengan kapasitasi memori terkecil dari yang lain. Mendukung recovery sistem file penyimpanan FAT 12, FAT16, FAT32 dan NTFS. Software ini juga mendukung pemulihan NTFS yang dikompresi dan file EFS yang dienkripsi.  Software ini juga mendukung sistem Windows dan bisa di jalankan portabel (bisa dijalankan di flashdisk). Dalam software ini ada juga fitur file shredder yang memungkinkan kamu untuk menghapus file secara permanen dan tidak bisa di recovery kembali meskipun pake software recovery sekalipun.
Screenshot dari aplikasi TOKIWA DataRecovery
Kamu bisa download software DataRecovery disini
3. Recuva
Software gratis lannya adalah Recuva yang menawarkan antarmuka wizard (panduan langkah demi langkah) untuk file yang telah hilang terhapus. Recuva menawarkan file pencarian yang telah dihapus berdasarkan jenis file (musik, gambar, video dll). Hal ini juga memungkinkan pencarian mendalam dalam kasus file yang dihapus. Seperti TOKIWA DataRecovery, Recuva juga menawarkan penghapusan file permanen yang tidak bisa kamu recovery lagi. Recuva juga memiliki versi portabel yang dapat kamu jalankan di komputer lain menggunakan flashdisk.
Software ini dapat melakukan recovery file dari memori sdcard, kartu kamera digital dan pemutar MP3. Mendukung pemulihan semua jenis gambar, software, film dan dokumen dari file bersistem FAT dan NTFS yang telah diformat sekalipun. Recuva dapat berjalan pada Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, Windows Vista dan Windows XP.
Screenshot dari aplikasi Recuva
Kamu bisa download software Recuva disini
TIPS PENTING! Untuk mengetahui cara recovery data agar berhasil

Perhatikanlah poin penting berikut ini sebelum kamu melakukan recovery data
  1. Ketika sebuah file dihapus sengaja pada perangkat penyimpanan, pastikan kamu tidak melakukan aktifitas apa-apa seperti copy-paste dan lainnya yang memungkinkan ada aktifitas penambahan data di hardisk atau memori yang ingin di recovery (disebabkan ada aktifitas penindihan data baru yang menyebabkan data lama tertindih data yang baru); ini akan membuat recovery file yang kamu lakukan tidak mungkin berhasil. Jadi setelah data hilang, langsung sebaiknya kamu segera melakukan recovery menggunakan aplikasi di atas.
  2. Ketika data hilang saat itu juga jangan ada aktifitas browsing internet, men-download perangkat lunak baru atau instal aplikasi dan sebagainya. Gunakan komputer lain, download salah satu software yang disebutkan di atas yang portabel dan simpan di flash disk kamu. Kemudian jalankan apliksi recovery-nya dari flashdisk. Terlepas dari apakah kamu tidak sengaja menghapus file banyak atau tidak, pastikan untuk selalu memiliki perangkat lunak dalam flashdisk kamu jika tidak sengaja menghapus file penting.
  3. Jika salah satu perangkat lunak berhasil untuk memulihkan file yang telah dihapus, itu tidak berarti file lainnya bisa berhasil di recovery juga, tegantung dari kondisi file sebelum di recovery, jika filenya corrupt sangat parah maka software canggih sekalipun tidak akan bisa memulihkan data yang corrupt tersebut kecuali file yang corrupt itu tidak seluruhnya corrupt (sebagian saja).
Semoga bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here