Inilah Review Microsoft Lumia 640 XL, Memiliki Kamera Terbaik dan Support Windows 10

0
609
Semua orang melirik hal yang sama ketika membeli smartphone baru, yaitu mencoba kameranya. Kamera baru pada Microsoft Lumia 640 XL sanggat tinggi, tentunya bagi mereka yang sangat senang dengan layar yang besar. Mungkin inilah kamera terbaik yang kamu bisa dapatkan pada smartphone yang merogoh kecek antara $ 200 dan $ 300, relatif murah untuk perangkat dengan layar 5,7 inci. Microsoft Lumia 640 XL pertama kali dilucurkan di AS (pada AT & T, T-Mobile, dan MetroPCS) dan telah tersedia di Eropa pada konfigurasi yang berbeda, termasuk 4G LTE, 3G, dan dual-SIM.
Kamera Microsoft Lumia 640 XL dilengkapi dengan lensa Carl Zeiss. Di dalamnya ada sensor 13-megapixel, dan tingkat aperture di f / 2.0. Lumia 640 XL tidak membanggakan kamera software terbaik pada ponselnya, tapi dilengkapi dengan fitur menarik seperti mode burst, kemampuan HDR, dan yang disebut Dynamic Flash. Fitur ini menangkap gambar secara otomatis baik dengan dan tanpa flash. Untuk memiliki kamera yang powerful, sayangnya tidak ada tombol shutter fisik khusus. Namun, kamera ini mudah diakses dengan menyapunya kebawah pada panel notifikasi dari atas dan menekan pada ikon kamera.
Seperti pada versi sebelumnya dari ponsel Lumia Windows, aplikasi Kamera Lumia mendukung tambahan “lensa” yang memungkinkan kamu menambahkan opsi dan fitur. Lensa selfie memungkinkan kamu memotret diri tanpa menggunakan kamera utama, dan selain itu lensa pada kamera Lumia 640 XL juga bisa di atur secara manual tingkat kefokusannya. 

Tapi kenapa “lensa” ini perlu di pasang secara terpisah bukannya dikemas ke dalam perangkat lunak kamera telepon? Microsoft masih mengikuti jalan Nokia seperti tahun yang lalu, Microsoft merasa tidak perlu mempersulit fitur ini, apapun fitur yang bekerja. Gambar di atas menunjukkan warna yang hidup dan detail; meskipun tidak semuanya sempurna. Shooting dalam kondisi cahaya rendah membuat lebih banyak noise dan grain, tetapi hasil foto cukup baik. Video dapat merekam 1080p pada 30 frame per detik dengan baik, ada juga fitur lensa f / 2.4 wide-angle pada kamera depan dengan 5 megapiksel.
Semua perangkat kerasnya Microsoft Lumia 640 XL dilengkapi dengan Panel IPS LCD, dan resolusi 720p yang lumayan lebar layar 5,7-inci ini, sama seperti Galaxy Note 4. Kerapatan pixel hanya 259 ppi, namun perangkat Samsung di ukuran kelas yang sama memiliki kerapatan pixel yang lebih besar yaitu 515 ppi. Sementara layar itu Lumia tidak dapat bersaing dengan kejelasan Note, tapi masih layak dalam hal resolusi yang baik dan akurasi warna.
Layar besar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh aplikasi office seperti Outlook, dan Excel-belum lagi Cortana. Generasi terakhir prosesor quad-core 1.2 GHz cukup kuat untuk mendukung multitasking yang baik dan masih berlangsung sepanjang hari tanpa sepenuhnya menguras baterai yang dibekali dengan 3.000 mAh. RAM yang dimiliki sebesar 1GB, 640 XL memiliki dukungan kompatibilitas perangkat lunak dan aplikasi yang lebih baik daripada kebanyakan ponsel pada kisaran harga menengah kebawah. Windows Phone berjalan lancar di sini. Gambar terlihat halus ketika streaming video dan bermain game karena memiliki RAM yang cukup pada perangkat ini. Spesifikasi tersebut dimaksudkan untuk dapat mejalankan kebutuhan minimum untuk Windows 10. Lumia ini akan mendapatkan update cepat Windows 10 yang akan tersedia akhir tahun ini.
Kelebihan Microsoft Lumia 640 XL
Memiliki kamera terbaik dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Perangkat lunak diperbarui membawa fitur keren seperti Glance Screen, Kids Corner, dan Apps Corner. Dilengkapi dengan satu tahun berlangganan Office 365 yang disertakan saat pembelian.
Kekurangan Microsoft Lumia 640 XL

Layarnya hanya 5,7-inci, resolusi 720p yang terlalu membentang (panjang). Melihat di malam hari bisa menjadi masalah yang signifikan. Microsoft telah membersihkan beberapa aplikasi yang terinstal, namun Lumia 640 XL masih sarat dengan bloatware (aplikasi bawaan) yang berlebihan.
Semoga review ini bermanfaat untuk kalian yang selektif membeli agar sesuai kebutuhan.
Sumber :
http://www.wired.com