Teleskop Hubble Menemukan Debu dan Gas Berbentuk Gunung di Nebula Carina

0
366
Teleskop luar angkasa Hubble NASA sekali lagi mengambil gambar yang sangat fantastis yang disebut Mystic Mountain, teleskop Hubble menangkap aktivitas rumit pada pilar gas dan debu berbentuk gunung ini dengan ketinggian tiga tahun cahaya yang begitu cemerlang. Pilar ini juga memiliki bayi bintang di dalamnya, yang terdiri dari gas yang menjulang tinggi ke atas.
Puncak objek berbentuk turbulen ini berada dalam Nebula Carina, terletak di konstelasi Carina selatan dengan jarak 7.500 tahun cahaya dari bumi. Gambar ini dirayakan dalam ulang tahun ke-20 peluncuran teleskop Hubble dan penyebarannya ke orbit sekitar Bumi.
Radiasi yang sangat panas dan angin cepat (aliran partikel bermuatan) dari bintang super panas yang baru lahir di nebula ini, membentuk sekaligus memampatkan pilar, menyebabkan bintang-bintang baru terbentuk di dalamnya. Gas panas terionisasi dapat dilihat mengalir dari bawah ke atas struktur gas dan debu. 
Bagian atas puncak yang padat terletak bintang-bintang yang masih muda. Sepasang jet (pancaran) terlihat di puncak lain di dekat pusat gambar. Kedua jet ini (masing-masing dikenal sebagai HH 901 dan HH 902) adalah pusat kelahiran bintang baru. Jet yang dipancarkan berputar-putar di sekitar bintang muda, yang memungkinkan materi di dalamnya perlahan-lahan bertambah padat dan membentuk bintang-bintang baru.
Teleskoop Hubble dengan teknologi Wide Field Camera 3 mengamati pilar ini pada Februari 2010. Warna-warna komposit dalam gambar ini sesuai dengan cahaya oksigen (biru), hidrogen dan nitrogen (hijau), dan sulfur (merah).
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita 🙂
Sumber :
http://hubblesite.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here