15 Danau Kawah Paling Indah di Dunia

0
1402
Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.
Sedangkan Danau kawah (crater lake atau volcanic lake) atau Danau kepundan yang akan dibahas pada artikel ini adalah massa air (danau) yang menutupi permukaan suatu kawah gunung api. Sekitar 12% dari 700-an gunung api yang ada di bumi kawahnya tertutupi oleh massa air. Sejumlah gunung api di Indonesia juga memiliki danau kawah, yang terkenal adalah Danau Toba, Kawah Putih di Gunung Patuha, Kawah Ijen, Kawah Kelud, Segara Anak di Gunung Rinjani, dan kompleks Kelimutu.
Pada artikel saya kali ini, kita akan melihat beberapa danau kawah paling indah di dunia. Jika ada beberapa danau yang dibuat oleh tangan manusia, yang lain sepenuhnya terbentuk oleh alam. Jika kamu termasuk traveler atau pecinta alam yang gemar jalan-jalan dan mengunjungi tempat-tempat yang indah, mungkin danau-danau ini sudah tak asing lagi. Bagi yang belum tahu, yuk kita simak selengkapnya, inilah 15 danau kawah paling indah di dunia.

1. Danau Kawah di Gunug Mazama – Oregon, USA

Sebuah danau kawah terkenal dengan pemandangan geologi yang indah ini berada di Oregon, USA. Terletak di kaldera Gunung Mazama. Ini adalah danau terdalam di Amerika Serikat dengan kedalaman 594 m (1.949 kaki). Danau kawah dihasilkan dari jatuhnya air hujan dan salju, tanpa masuk atau keluarnya aliran air di permukaan, karenanya danau ini merupakan salah satu danau yang paling jernih di dunia.

2. Danau Kawah Quilotoa, Ekuador 

Quilotoa adalah kawah yang berisi air dari gunung berapi terletak di sebelah Barat Ekuador Pegunungan Andes, dengan lebar sekitar 3 kilometer. Danau ini dibentuk oleh letusan gunung berapi dengan skala VEI-6 sekitar 800 tahun yang lalu.
Kawah Gunung ini telah membentuk kedalaman sekitar 250 meter, memiliki warna indah sebagai akibat dari mineral terlarut. Fumarol ditemukan di permukaan danau dan pada mata air panas yang terbentuk di sisi timur gunung berapi.

3. Danau Kawah Albertine Rift, Afrika

Albertine Rift memiliki nama lain Western Rift, ini merupakan tempat dimana gunung-gunung tertinggi di Afrika berada seperti Virunga Mountains, Mitumba Mountains, dan Ruwenzori Range. Di sana terdapat danau kawah yang paling menakjubkan dan termasuk ke dalam salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman 1.470 meter yaitu Danau Tanganyika.
Danau yang terbentuk akibat aktifitas vulkanik memang memiliki karakteristik yang khas sehingga mampu membuat orang penasaran untuk melihatnya langsung. Hal inilah yang membuat sebagian besar danau kawah di dunia selalu ramai dikunjungi wisatawan.

4. Danau Kelimutu, Indonesia

Danau Kelimutu merupakan sebuah danau kawah yang ada di puncak Gunung Kelimutu. Gunung ini berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Di puncak gunung ini terdapat tiga kawah dengan warna air yang berbeda, inilah yang disebut dengan Danau Kelimutu.
Danau Kelimutu disebut juga dengan nama Danau Tiga Warna, hal ini merujuk pada tiga warna berbeda pada tiga danau di sana. Tiga danau ini berwarna biru, merah dan putih, konon warga sekitar percaya jika warna-warna di danau tersebut memiliki arti dan kekuatan supranatural yang berbeda-beda.

5. Danau Pinatubo – Luzon, Filipina

Danau Pinatubo adalah danau kawah di puncak Gunung Pinatubo terbentuk setelah letusan klimaks pada 15 Juni 1991. Danau ini terletak di sekitar perbatasan Pampanga, Tarlac dan Zambales di Filipina. Danau ini merupakan danau terdalam di negara ini dengan kedalaman sekitar 800 meter. Terletak sekitar 90 km barat laut dari ibukota Manila.

6. Danau Kawah Okama, Jepang

Danau Kawah Okama berada di Pulau Honshu, tepatnya di antara prefektur Yamagata dan Miyagi. Danau kawah Okama menempati bagian tengah gunung berapi paling aktif di pulau Honshu bagian utara yang bernama Mount Zao.
Jika danau Kelimutu yang ada di Indonesia mendapat julukan Danau Tiga Warna maka danau Okama dijuluki Danau Lima Warna. Berbeda dengan danau Kelimutu yang terdiri dari tiga danau yang terpisah, danau ini hanya satu namun warnanya dapat berubah menjadi lima warna yang berbeda tergantung dengan musim. Diameter danau ini sebesar 360 meter dengan kedalaman 60 meter. Dengan keindahan yang dimilikinya tak heran jika setiap hari banyak wisatawan yang datang ke sana.

7. Danau Kawah Gunung Katmai, Alaska

Danau kawah yang cantik ini berada di puncak gunung Katmai. Gunung ini berada di dalam Taman Nasional dan Cagar Alam Katmai, Semenanjung Alaska, Amerika Serikat. Diameter gunung ini sekitar 10 kilometer dan memiliki kaldera yang tertutup oleh air.
Danau Kawah Gunung Katmai terbentuk akibat erupsi Gunung Katmai yang terjadi tahun 1912. Permukaan danau ini berada di ketinggian 1.286 mdpl. Di sisi kaldera juga terbentuk sebuah gletser kecil yang makin mempercantik penampakan danau kawah tersebut.

8. Danau Taal,  Luzon, Filipina

Letak danau ini adalah 37,38 mil di sebelah selatan Manila. Menjadi terkenal karena dua hal, yaitu memiliki kedalaman yang mencapai 564 kaki dan rumah bagi gunung berapi terkecil di dunia yang paling aktif, Gunung Taal. Gunung Taal ini terletak di dalam perairan yang berdekatan dengan Pulau Luzon. Danau ini terbentuk karena ledakan gunung berapi yang meninggalkan lubang besar. Saat ini, ahli gempa meluangkan waktu mereka untuk memonitor titik gempa dan mengirimkan peringatan erupsi kepada Departemen Pariwisata. Namun, banyak agen perjalanan yang menawarkan wisata ke sini walaupun daerah ini sudah dinyatakan sebagai zona berbahaya. Jalan teraman untuk melihat pemandangan ini adalah dengan melalui jaan Tagaytay-Taal dekat Tagaytay City.

9. Danau Kawah Deriba – Sudan

Danau Kawah Deriba merupakan titik tertinggi dari Gunung Jebel Marra dengan puncak tertingginya berada di 3.042 mdpl. Danau ini berada di Darfur sebuah wilayah di bagian barat Sudan. Diameter kawah ini mencapai lima kilometer.
Danau Kawah Deriba dibentuk oleh letusan eksplosif dari gunung Jebel Marra yang terjadi sekitar 3.500 tahun yang lalu. Pasca letusan tersebut status gunung Jebel Marra kini sudah tidak aktif lagi.

10. Danau Kawah di Gunung Ruapehu New Zealand

Gunung Ruapehu adalah sebuah stratovolcano aktif di ujung selatan dari zona vulkanik Taupo di Selandia Baru. Terletak sekitar 23 kilometer timur laut dari Ohakune dan 40 kilometer barat daya pantai selatan Danau Taupo, termasuk dalam Taman Nasional Tongariro.
Ruapehu adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan gunung berapi aktif terbesar di Selandia Baru. Ini adalah titik tertinggi di Utara dan termasuk tiga puncak utama: Tahurangi (2797 m), Te Heuheu (2755 m) dan Paretetaitonga (2751 m).

11. Danau Yak Loum, Ratanakiri, Kamboja

Yak Loum adalah destinasi populer wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Ratanakiri, timur laut Kamboja. Ini karena lokasinya yang dekat dengan ibukota Provinsi Ratanakiri, hanya 5 Km dari Banlung.
Siapa sangka, danau kawah nan cantik ini berusia 4.000 tahun. Kedalamannya sekitar 48 meter, dan sangat jernih. Tak seperti danau kawah pada umumnya, Yak Loum dikelilingi hutan tropis dengan banyak spesies burung.

12. Danau Kawah Kerid, Islandia

Danau Kawah Kerid terletak di daerah Grímsnes di selatan Islandia, di Golden Route. Ini danau kawah gunung berapi adalah salah satu dari banyak danau di Barat Vulkanik Zona Islandia.
Tapi, kaldera yang, terbuat dari batuan vulkanik terutama merah, masih utuh dan bisa dikenali. Ini adalah tentang 55m dalam, 170 m dan lebar 270 m di. Karena mineral dari tanah, air adalah buram dan jelas aquamarine.

13. Danua Kawah di Licancabur, Chile

Bukan hanya gunungnya saja yang cantik, tapi juga pemandangan di sekelilingnya. Gunung Licancabur di Bolivia seperti tak tersentuh, atau berada di dunia lain. Lantaran gunung ini dibatasi oleh danau garam paling besar di dunia.
Danau cantik berwarna biru muda ini seakan menjadi gerbang yang menahan siapapun untuk masuk ke dalamnya. Berada di kawasan panas, gunung ini tandus dan berdebu. Namun, karena gunung merapi aktif, masih suka meletupkan abu vulkanik. Inilah yang membuat ujung gunung putih terlihat seperti salju.

14. Danau Viti Geothermal – Askja, Alaska

Danau ini berada di gunung Askja, sebuah stratovolcano atau gunung berapi kerucut aktif yang terletak di daerah dataran tinggi terpencil di Islandia. Nama ini mengacu pada kompleks Calderon Askya, yang terletak di pegunungan Dyngjufjoll, tingginya sampai 1510 meter (4954 kaki), kata itu berarti Askja “Caldera” di Islandia. Wilayah hanya bisa akses wisatawan beberapa bulan dalam setahun. Terletak di utara-timur dari lapisan es Vatnajokull, daerah ini hanya menerima sekitar 450 mmosadkov per tahun. Daerah ini telah digunakan dalam pelatihan astronot untuk penerbangan ke bulan pada program Apollo. 

15. Danau Heaven, Gunung Baekdu – China / North Korea

Danau Heaven adalah danau kawah di perbatasan antara China dan Korea Utara. Danau terletak dalam kaldera di atas gunung berapi Baekdu, bagian dari pegunungan Baekdudaegan dan pegunungan Changbai.
Kaldera yang berisi danau terbentuk oleh letusan besar. Danau ini memiliki elevasi di ketinggian 2,189 meter, mencakup area seluas 9,82 km persegi dengan panjang selatan-utara sekitar 4,85 km dan timur-barat 3,35 kilometer. Kedalaman rata-rata danau adalah 213 m dan kedalaman maksimum 384 m. Dari pertengahan Oktober sampai pertengahan Juni, danau biasanya ditutupi dengan es.
Semoga bermanfaat 🙂
Sumber:
http://www.aura-ilmu.com
http://boombastis.com/2015/04/05/danau-kawah/
https://lovelyanita.wordpress.com/danau-dunia/4-danau-taal-filipina/
http://health.detik.com/read/2014/01/28/194259/2481197/1520/6/