Inilah Penjelasan Paling Masuk Akal dari Fenomena Suara Terompet di Langit

0
1888

Beberapa saat lalu kita dihebohkan dengan suara aneh di langit eropa yang membuat banyak netizen semakin penasaran. Bahkan banyak dari mereka yang teralu terburu-buru menentukan fenomena ini dengan tiupan terompet sangkakala, bahkan merujuk ke teknologi HAARP (The High Frequency Active Auroral Research Program) yang berada di Alaska.

Sebenarnya fenomena ini sudah lama terjadi, ada yang dikenal sebagai “The Hum“, ada juga yang disebut “skyquake” atau Guns of Seneca”.

Sejak tahun 1970an, di sebagian wilayah dunia, dilaporkan suara aneh mendengung di langit. Dengungan aneh ini tetap menjadi misteri selama puluhan tahun. Namun pada tahun 2009, para ilmuwan percaya telah memecahkan misteri yang berusia lebih dari 30 tahun ini. Beberapa penjelasan yang bisa dijelaskan oleh para ilmuan mulai dari The Earth’s Hum (dengungan bumi), suara alat-alat berat, simponi ruang angkasa sampai benturan gelombang laut.

Ada istilah lain yang disebut “skyquake”, atau gempa langit. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Charles Fort, peneliti peristiwa fortean yang legendaris. Fenomena ini adalah suara misterius yang tidak diketahui asalanya dan terdengar seperti tembakan meriam, sonic boom atau suara gemuruh atau gempa. Keberadaan fenomena ini sudah dilaporkan sejak ratusan tahun yang lalu.

Selain dikenal dengan istilah skyquake, fenomena ini juga punya beberapa istilah lain, yang paling terkenal adalah Guns of Seneca (merujuk kepada suara yang terdengar di sekitar Danau Seneca di Amerika Serikat), Guns of Barisal (merujuk kepada wilayah di Bangladesh), Mistpouffers (belgia), Fog Guns atau Uminari (Jepang).

Pada tanggal 11 Agustus 2011, di Kiev, Ukrainia, suara keras juga terdengar membahana di langit. Suara yang terdengar mirip terompet tersebut segera menjadi viral yang kemudian memunculkan semakin banyak laporan dari seluruh dunia mengenai suara terompet langit yang misterius ini.

Benarkah bunyi terompet ini adalah sangkakala yang menandakan berakhirnya dunia ini? Tunggu dulu, sekali lagi jangan terburu-buru.

Namun pertanyaanya fenomena yang manakah yang terjadi baru-baru ini? jika memang fenomena ini nyata, apakah ada penjelasan ilmiahnya?

Tentu saja. Namun seluruh kasus yang ada tidak boleh digeneralisir. Masing-masing memiliki sumber masalahnya sendiri-sendiri.

Fenomena Kiev tadi, bisa dijelaskan sebagai “Skyquake” dibanding “The Hum”. 

Salah satu laporan mengenai fenomena ini yang cukup terkenal adalah apa yang dijuluki “Moodus Sounds”. Moodus adalah sebuah kota yang terletak di Connecticut, Amerika Serikat, dimana para penduduk di kota ini telah mendengar suara-suara misterius di langit selama ratusan tahun. 
Suara-suara tersebut kadang terdengar seperti gemuruh yang aneh atau seperti pohon raksasa yang tumbang. 
Tidak ada yang pernah tahu darimana asal suara tersebut. Nama “Moodus” sendiri berasal dari bahasa suku Indian setempat, Wangunk, yang menyebut wilayah itu “Machimoodus” atau “Tempat dengan suara-suara yang tidak enak”. Mereka percaya bahwa suara-suara tersebut berasal dari Dewa Hobomoko yang memiliki karakter tidak tenang, kasar dan berisik. 
Namun misteri Moodus ini telah dipecahkan oleh para ahli geologi. Menurut mereka, suara-suara misterius tersebut berasal dari gempa mikro yang terjadi di wilayah itu. 
Dr. John Ebel, asisten direktur dari Weston Observatory di Massachusetts, mengatakan bahwa gempa mikro tersebut terjadi di kedalaman sampai 1 mil di bawah permukaan bumi dan biasa memiliki kekuatan antara 0 hingga 2 skala Richter. 
Gelombang Seismik yang muncul lolos ke permukaan dan berubah menjadi gelombang suara. 
Aktivitas seismik memang bukan hal yang aneh untuk kota Moodus. Contohnya, antara bulan Agustus dan Oktober 1981 sendiri, terdapat sekitar 500 guncangan yang terjadi di bawah permukaan bumi dan itu tidak dirasakan oleh para penduduk di atasnya.
Selain berhubungan dengan gempa, suara-suara aneh di langit juga bisa berasal dari hasil pekerjaan manusia seperti pada kasus yang terjadi di Malaysia pada subuh hari tanggal 12 Januari 2012. 
Kejadian ini menjadi diskusi hangat diantara warga dan kemudian media mulai memberitakannya. 
Beberapa penduduk menduga bahwa suara itu datang dari perusahaan sawit milik Felcra yang ada di Kampung Endap, walau kemudian kesimpulan ini diragukan karena suara tersebut terdengar hingga jarak 8 kilometer. 
Namun dugaan ini kemudian terbukti ketika pemerintah lokal membentuk komite penyelidikan yang terdiri dari anggota Badan Angkasa Malaysia dan Badan Meterologi Malaysia. Mereka menemukan bahwa memang suara itu berasal dari pabrik sawit tersebut. 
Pada waktu suara tersebut terdengar, pabrik tersebut sedang menguji mesin uap dan uap yang dihasilkan oleh tekanan tinggi, dibantu oleh pipa yang mengarah ke Samarahan dan kondisi sunyi pada subuh hari, telah menyebabkan suara misterius tersebut terdengar sampai jauh. 
Boleh percaya boleh tidak. Namun sekali lagi, jawaban ini masuk akal dan bisa diterima. 
Lain lagi kasus yang terjadi di Terrace, British Columbia, Kanada. Pada September 2013, penduduk kota juga dibingungkan dengan suara-suara aneh di langit, terdengar seperti suara mesin yang sedang bekerja, namun sumber suaranya tidak diketahui. Jika kalian mendengar suara tersebut (video di bawah), saya yakin kebanyakan diantara kalian akan bergidik.Video ini diupload oleh Kimberley Wookey, penduduk Lokal, dan merupakan salah satu video yang paling banyak diberitakan oleh media mainstream, termasuk oleh detikcom.

Suara apakah itu?

Jawabannya tiba beberapa hari kemudian. Halaman resmi Facebook kota Terrace memposting sebuah pengumuman yang memberitahu bahwa mereka adalah pihak yang bertanggung jawab atas suara-suara tersebut.
Menurut mereka, suara itu dihasilkan oleh para pekerja pemerintah yang sedang menggunakan buldozer di Bukit Lanfear. Namun penjelasan itu tidak begitu saja dipercaya. Lalu salah satu penduduk lokal bernama Purnell Good bertekad untuk membuktikannya sendiri. Jadi ketika suara-suara aneh itu terdengar lagi, ia menyusuri asal suara itu.

Apa yang ia temukan?

Ia menemukan bulldozer yang sedang bekerja di sebuah tempat parkir.

Terpecahkan?

Histeria massa memang menarik. Namun yang seringkali kita lupakan adalah, tidak semua pengguna media sosial itu jujur, termasuk youtubers, dan tidak semua media mainstream melakukan tugasnya dengan baik. Ini menyebabkan kita sering menjadi objek eksploitasi keisengan sebagian orang. Manusia memang sering takut dengan apa yang tidak diketahuinya, namun itu tidak berarti kita harus berhenti mencari penjelasannya, termasuk soal suara terompet langit.
Kembali lagi dari penjelasan di atas, banyak kemungkikan ilmiahnya dan peristiwa ini juga tidaklah terjadi baru-baru ini. Masing-masing memiliki sumber masalahnya sendiri-sendiri. 

Semoga bermanfaat 🙂

Artikel ini saya review dari http://www.enigmablogger.com yang sangat informatif memecahkan berbagai misteri yang sedang heboh di dunia.

Sumber :
http://www.enigmablogger.com

  1. Misteri suara dengungan bumi terpecahkan !
  2. Misteri Suara Terompet Langit – Penjelasan