Inilah Ukuran Matahari Jika Dibandingkan Bintang Terbesar yang Pernah Ditemukan

0
2224

Gambar yang menakjubkan ini dibuat oleh Roberto Ziche, yang menunjukkan perbandingan planet-planet di tata surya kita dengan matahari (yang paling besar). Jika kita perhatikan gambar di atas matahari kita seperti yang paling besar di tata surya, namun pernahkan kamu membayangkan jika matahari kita dibandingkan dengan bintang terbesar yang pernah ditemukan, yaitu VY Canis Majoris? Inilah yang akan kamu dapatkan.

Gambar di merupakan ilustrasi ukuran dari bintang VY Canis Majoris. Titik kecil yang kamu lihat dipojok kiri bawah bintang ini adalah matahari kita. 

VY Canis Majoris adalah bintang hypergiant merah di rasi Canis Mayor, terletak sekitar 5.000 tahun cahaya dari Bumi. Profesor Roberta Humphreys dari  University of Minnesota baru-baru ini menghitung bahwa ukuran bintang ini memiliki lebih dari 1.540 kali ukuran matahari kita, permukaan bintang ini jika berada pada posisi matahari akan keluar melewati orbit Saturnus di tata surya kita.

Bintang VY Canis Majoris memiliki diameter 2.800.000.000 (2,8 miliar) km, jika kita dapat berjalan mengelilingi bintang ini dengan pesawat berkecepatan 900 km per jam, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi bintang ini satu putaran saja memakan waktu selama 11.000 tahun!

Jika kamu masih penasaran dan menganggap hal ini biasa saja, cobalah lihat video dibawah ini, kamu akan tau seperti apa kecilnya planet bumi dan matahari kita.

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :