Peluncuran Windows 10 Sudah Hampir Tiba, Inilah Detail Spesifikasinya

0
159

Peluncuran Windows 10 akan tiba sebentar lagi. Setelah bertahun-tahun tersandung pada msalah Windows 8, Microsoft akhirnya memperbaikinya dengan sistem operasi yang akan datang.
Mungkin ada banyak hal yang ingin kamu tanyakan tentang Windows 10. Tidak perlu khawatir, saya akan membagikan informasi terbaru tentang Windows 10 disini.
Kapan Windows 10 akan di rilis?

Tanggal 29 Juli di 190 negara
Berapa harga Windows 10?

Windows 10 akan tersedia sebagai update gratis untuk semua pengguna lisensi resmi Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 hingga 29 Juli 2016.
Pengguna PC yang tidak memiliki lisensi asli harus membayar Windows 10. Microsoft belum mengumumkan harganya, tapi bocoran dari Newegg menunjukkan Windows 10 Home akan dibandrol $ 109 dan Windows 10 Pro dengan $ 149.
Akankah Windows 7 dan 8 yang tidak memiliki lisensi asli memenuhi syarat?

Realitas yang menyedihkan adalah bahwa masih banyak orang yang menjalankan Windows 7 dan 8 bajakan dan mereka bahkan tidak tahu itu. Ini situasi yang sangat umum di Asia. Wakil presiden dari sistem operasi Microsoft Terry Myerson sebelumnya mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa PC dengan Windows 7 dan 8 yang tidak asli akan mendapatkan pembaruan gratis Windows 10. Namun, Microsoft telah menarik kembali klaim itu.
Bagaimana nasib perangkat yang menggunakan Windows RT?
Kami benar-benar punya berita buruk: Windows RT tidak upgradeable ke Windows 10.
Bagaimana caranya mendapatkan update Windows 10?
Microsoft telah mengantisipasi jutaan download update Windows 10 pada tanggal 29 Juli, jadi akan ada antrian. Kamu akan dibertahukan ketika ada upgrade Windows 10 gratis, download dan instal updatenya, kamu juga bisa mendownload aplikasi Windows 10 di dalamnya.
Berapa lama proses update akan berlangsung?

Menurut website resmi FAQ Microsoft Windows 10, proses update akan berlangsung dari 20 menit sampai satu jam. Berdasarkan pengalaman saya, biasanya dibutuhkan beberapa waktu saat memperbarui sistem operasi, pastikan ada cukup ruang di memori hardisk kamu.
Berapa banyak versi Windows 10 akan ada?


Akan ada tujuh versi Windows 10. Sebagian besar konsumen akan mendapatkan Windows 10 Home. Pengguna Smartphone dan tablet akan mendapatkan Windows 10 Mobile (sebelumnya disebut Windows Phone 8.1). Segmen bisnis akan mendapatkan Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise dan Windows 10 Mobile. Lembaga pendidikan akan memiliki akses ke Windows 10 Education dan Windows 10 IOT Core.
Saya tidak bisa menunggu sampai 29 Juli, bagaimana cara mendapatkan Windows 10 sekarang?
Jika kamu benar-benar tidak bisa menunggu sampai tanggal rilis resmi, kamu dapat men-download versi beta dari Windows 10 sekarang. Kmau bisa mendaftarnya di Windows Program Insider dan kamu akan mendapatkan petunjuk tentang cara untuk men-download dan menginstal Windows 10 Insider Preview. Karena ini software beta, kamu mungkin mengalami semacam bug dan ada kemungkinan sesuatu yang menjadi masalah. Pastikan sebelum mencoba back up data kamu!
Apa spesifikasi minimum komputer saya untuk menjalankan Windows 10?

Jika PC kamu dapat menjalankan Windows 8.1, tentu dapat menjalankan Windows 10. Tapi hanya dalam kasus tertentu, berikut adalah spesifikasi minimum PC yang diperlukan untuk Windows 10:
  • Prosesor 1GHz (atau lebih cepat)
  • 1GB RAM (32-bit) dan 2GB (64-bit)
  • Penyimpanan internal hardisk 16GB 
  • Microsoft DirectX 9 dengan WDDM driver
  • Akun Microsoft dan akses Internet

Bagaimana dengan Windows 10 pada smartphone kamu?
Windows 10 untuk smartphone dan tablet yang disebut Windows 10 Mobile akan tersedia akhir tahun ini.
Dapatkah menginstal Windows 10 pada Mac?

Apple belum secara resmi memperbarui Bootcamp dengan semua driver yang diperlukan untuk menjalankan Windows 10 dengan benar, sehingga beberapa fungsi mungkin terjadi error jika menggunakan driver Windows 8.1. Cara terbaik untuk menginstal Windows 10 pada Mac kmau ialah dengan software virtualisasi seperti Parallels atau VMware Fusion. Namun, ada salah satu geek yang mengatakan bahwa Windows 10 benar-benar berjalan baik pada Mac OS X, cek disini.
Ia mengatakan, Apple kemungkinan akan memperbarui Bootcamp untuk dapat bekerja dengan  lancar pada Windows 10 di masa depan.
Start Menu dan Aero Glass kembali?
Setelah mengetahui banyak pihak yang tidak menyukai layar Start pada Windows 8, Microsoft membawa kembali menu Start yang sebelumnya ada pada Windows 7. Menu Start Windows 10 memiliki Start layar metro yang sekarang terintegrasi ke dalamnya dan juga ada kotak pencarian yang sangat berguna.
Berbicara tentang pengembalian, Windows 10 juga akan membawa kembali tampilan transparan Aero Glass dari Windows Vista dan Windows 7.
Ada browser terbaru di Windows 10?
Microsoft Edge adalah browser baru Microsoft yang dapat menjalankan ekstensi Chrome dan Firefox. Keren bukan!
Apa itu Cortana?

Seperti layaknya Siri di iOS, Cortana kini hadir dengan fungsi yang sama namun untuk di Windows 10. Sudah tersedia di Windows Phone 8.1, Cortana ada pada Windows 10 menggunakan bahasa desain continuum yang sama pada setiap perangkat Windows 10 yang kamu miliki, fitur ini bisa digunakan untuk berbagi informasi yang berguna dari apa yang kamu cari.
Kamu dapat berinteraksi dengan Cortana dengan hanya mengetik ke kotak pencarian terletak pada taskbar, atau kamu dapat menjalankannya secara otomatis dengan langsung berbicara dan meminta Cortana untuk menulis email atau mengatur pengingat misalnya. Kmau bahkan dapat mengajukan pertanyaan kepada Cortana apapun yang diinginkan, dan dapat memberitahukannya untuk berhenti melakukan pencarian yang bersifat privasi.
Suka atau tidak akan ada game Candy Crush Saga
Game bawaaan selain Solitaire dan Minesweeper adalah Candy Crush Saga. Permainan ini akan secara otomatis diinstal pada Windows 10 “untuk jangka waktu setelah peluncuran permainan.” Kmau mungkin tetap bisa uninstall jika tidak menginginkan Candy Crush Saga.
Streaming Game dari Xbox One

Jika kamu memiliki Xbox One, kamu akan dapat melakukan streaming game untuk PC Windows 10 lebih menggunkan jaringan Wi-Fi. Diperlukan jaringan WLAN 802.11ac terbaru agar mendapatkan hasil yang terbaik.
Apakah perangkat tablet / hybrid PC bekerja dengan baik?


Windows 10 akan beradaptasi tergantung pada bagaimana perangkat yang kamu gunakan. Jika kmau memiliki, katakanlah, Lenovo Yoga, ia akan bekerja sebagai PC desktop dalam mode laptop, tetapi jika kamu melipat keyboard ke atas, dapat beralih ke mode tablet melalui fitur yang disebut Continuum. Dalam mode tablet, Windows 10 menekankan yang disebut modern UI, lengkap dengan aplikasi layar penuh.
Continuum juga memungkinkan memperluas layar smartphone dan tablet ketika terhubung dengan layar eksternal. Sebagai contoh, sebuah aplikasi smartphone seperti PowerPoint akan memperluas untuk menunjukkan lebih menu dan kontrol navigasi ketika terhubung ke TV.
Apa itu Windows Hallo?
Windows Hello adalah sistem keamanan biometrik yang dibangun pada Windows 10 yang memungkinkan kmau masuk ke PC dengan mata, sidik jari dan wajah. Windows Hello akan membutuhkan PC dengan hardware khusus untuk bekerja. Komputer dengan kamera RealSense 3D Intel akan mendukung Windows Hello langsung.
Kapan HoloLens keluar?


Hololens adlah bagian paling menarik dari perangkat keras asli Microsoft sejak Xbox dan Kinect, yang memungkinkan kita menyongsong masa depan dengab augmented hologram, tetapi apan kita bisa mendapatkannya? Masih belum ada kepastian adri Microsoft, mudah-mudahan juga tersedia setelah tanggal perilisan pada 29 Juli.

Dimana Windows Media Center?

Windows Media Center telah dihapus dari Windows 10. Microsoft mengatakan tidak ada yang menggunakannya.
Sumber :
http://mashable.com