Inilah Penampakan Dari Dekat Pusaran Awan Heksagonal di Kutub Utara Planet Saturnus

1
875
Apakah yang terjadi di kutub bagian utara planet Saturnus? 
Jika kita perhatikan planet Saturnus di daerah kutub utaranya, maka kalian akan menemukan pusaran awan yang berputar-putar aneh dan begitu kompleks. 
Pusat pusaran ini dicitrakan secara rinci oleh pesawat ruang angkasa Cassini yang mengorbit Saturnus. Awan ini terletak di pusat sistem awan heksagonal yang tidak biasa yang mengelilingi kutub utara Saturnus. Saat gambar ini diambil oleh Cassini, matahari terbit di kutub utara Saturnus beberapa tahun sebelumnya, sehingga Cassini menggunakan instrumen inframerah dikarenakan daerahnya yang begitu gelap. Gambar di atas adalah gambar mentah dan belum diproses yang akhirnya dirilis pada tahun 2013. 
NASA memperkirakan badai awan heksagonal ini sama dengan sekitar 50 kali lebih besar rata-rata dari badai yang terjadi di Bumi. 
Diluar pusat pusaran, terdapat pusaran lain yang berputar-putar disekitarnya, yang terbesar memiliki lebih lebar sekitar 2.000 mil. Adapun angin yang dihasilkan oleh badai ini, memiliki kecepatan sekitar 340 mil per jam!
Ilmuwan masih terus mempelajari pembentukan awan yang paling tidak biasa ini untuk beberapa waktu kedepan. Kita akan tunggu, seperti apakah sebenarnya yang terjadi di kutub utara planet Saturnus ini?

Gambar yang berwarna dari badai awan heksagonal di kutub utara planet Saturnus akhirnya didapatkan melalui misi Cassini NASA. Gambar ini diperoleh pada 10 Desember 2012. Kredit: NASA / JPL-Caltech / SSI / Hampton

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here