Cara Keren Menghitung Laju Kecepatan Cahaya (dengan Tutorial Video)

0
1164

Laju cahaya atau (kecepatan cahaya), disimbolkan dengan c, adalah sebuah konstanta fisika universal yang penting dalam banyak bidang fisika. Nilai presisinya adalah 299.792.458 meter per detik (kira-kira 300.000.000 m/s) atau 300.000 km/s.
Hasil perhitungan kecepatan ketika mencarinya di google, keyword (speed of light).
Konstanta c muncul pada rumus Einstein untuk persamaan fisika kesetaraan massa-energi E = mc2 . 

Untuk menghitung keceptan cahaya, bisa dengan banyak berbagai cara. Tapi untuk memudahkan orang awam, tidak semua cara dapat digunakan karena tidak semua orang mudah memahaminya, baik itu dilakukan secara teori maupun praktek.

Nah, pada kesempatan saya kali ini. Saya akan mempermudah kamu untuk menghitung laju kecepatan cahaya yang dapat kamu praktekan sendiri di rumah. Dalam video dibawah ini  (di menit ke 2 detik ke 23), kamu akan diajarkan bagaimana cara menghitung keceptan cahaya menggunakan oven (microwave) dan marshmallow, keren bukan? kamu tidak perlu menjadi sepintar Einstein untuk melakukan percobaan ilmiah ini.

Kamu bisa melihat video-nya disini.

Perlu dicatat, kecepatan cahaya yang dihasilkan dalam eksperimen microwave pada video di atas adalah 676.534.091 mph. Kok tidak sama? tungg dulu, satuan yang digunakan disini ialah mph (miles per hours). Kamu harus konversikan ke satuan mps (meter per detik) atau kmps (kilometer per detik).
Caranya cukup mudah, silahkan kamu klik hasil konversinya disini.
Hasilnya tidak terlampau jauh dengan kecepatan cahaya bukan ?
Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here