Inilah Gambar Spektakuler Nebula Kepala Kuda yang Difoto Teleskop Hubble (Video Sub. Indonesia)

0
411
Nebula Kepala Kuda (nama lain: Barnard 33) adalah nebula gelap di rasi bintang Orion. Nebula ini dapat ditemukan di sekitar selatan bintang Alnitak, yang posisinya jauh ke arah timur Sabuk Orion. 
Baru-baru ini, sebuah gambar dirilis dalam rangka perayaan ulang tahun ke-23 peluncuran teleskop Hubble, telah menangkap pemandangan inframerah menakjubkan dari Nebula Kepala Kuda, salah satu objek yang paling khas di langit. Pengamatan inframerah ini menembus bagian debu yang menghalangi, mengungkap gumpalan gas yang berbentuk seperti Kepala Kuda ini. (Kamu bisa mempelajari Nebula Kepala Kuda melalui video-nya agar lebih menarik dibawah artikel ini).
Beberapa dari kita mungkin telah mengikuti perkembangan teleskop Hubble dari kemunculannya, saat masa kanak-kanak dan remaja, sampai melihatnya sekarang di waktu dewasa. Sekarang, pada usia yang ke-23 (tahun 2013), teleskop Hubble kini telah menua, tetapi memiliki kemampuan lebih dari sebelumnya. Setiap tahun Hubble terus mengamati  dan membawakan kita ilmu pengetahuan yang baru, dan gambar astronomi yang menakjubkan.
Beberapa hal yang paling mencolok dan indah dari gambar-gambar ini ialah nebula. Nebula ini muncul dari berbagai bentuk dan ukuran, dan sering muncul dalam bentuk yang familiar atau mudah dikenali.
Nebula adalah awan antarbintang dari gas dan debu. Ada beberapa jenis nebula, dari berbagai bentuk dan rupanya.
Misalnya Nebula Elang, dibentuk oleh awan antarbintang yang hancur dan bersinar karena bintang-bintang baru terbentuk di dalam dan di sekitarnya. Ada beberapa nebula yang terbentuk dengan cara yang jauh lebih dramatis seperti Nebula Helix misalnya. Dihasilkan dari bintang seperti Matahari yang menghempaskan lapisan luarnya. Atau Nebula Kepiting, yang tersisa dari bintang besar yang meledak sebagai supernova kembali di tahun 1054.

Nebula Kepiting
Salah Satu nebula yang paling mencolok dan khas di langit kita adalah Nebula Kepala Kuda, karena bentuk yang terlihat jelas dan akrab dengan bentuk anehnya. Hubble menggambarkan nebula ini kembali pada tahun 2001 untuk ditinjau kembali dalam perayaan 11 tahun obervasinya, dan sekarang, lebih dari satu dekade kemudian, kembali diperlihatkan dalam perayaan ulang tahunnya.
Terlahir dari lautan gas dan debu seperti kuda laut raksasa, daerah berdebu ini adalah contoh terbaik dari nebula yang gelap, dingin dan hitam, dengan latar belakang awan siluet yang memiliki latar belakang gas bercahaya.
Tetapi meskipun nebula ini telah tenar dan dikenal sebelumnya, gambar baru dari Hubble sekarang ini menunjukkan cahaya yang sama sekali baru.
Gambar ini diambil dari inframerah. Dalam cahaya inframerah, kita dapat menembus beberapa material berdebu yang biasanya menutupi dan mengaburkan daerah bagian dalam Nebula Kepala Kuda.
Hasilnya adalah struktur ini agak terlihat pecah, tidak terlalu mencolok, ada lipatan tipis gas yang sangat berbeda dengan tampilan nebula ini sebelumnya.
Cahaya inframerah memiliki panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak. Kita tidak bisa melihat radiasi ini dengan mata kita sendiri, dengan kemampuan teleskop inframerah atau instrumen seperti Hubble Wide Field Camera 3. Daerah yang tampaknya terlihat normal di langit tiba-tiba bisa muncul berbeda pada spektrum ini.

Instrumen Teknologi Inframerah di dalam Hubble Wide Field Camera 3

Pandangan baru yang istimewa dari Nebula Kepala Kuda adalah perayaan pas yang luar biasa pada ulang tahun ke-23 Teleskop Ruang Angkasa Hubble milik NASA / ESA.

Nebula Kepala Kuda bisa kamu pelajari melalui video-nya dibawah ini.

Semoga bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here