The Bubble Nebula, Nebula Indah Berbentuk Gelembung yang Mewarnai Alam Semesta

0
259
Gelembung ini terlihat raksasa dan berkilau seperti gelembung sabun yang ditiup di alam semesta. Sebenarnya ini adalah awan gas dan debu dengan diameter 10 tahun cahaya dan berada pada jarak 8.000 tahun cahaya dari galaksi Bima Sakti kita. 
Dikenal sebagai The Bubble Nebula (Nebula Gelembung / NGC 7635), gelembung ini mengelilingi sebuah bintang pada pusatnya, bintang ini memiliki massa lebih dari sepuluh kali massa matahari kita. Bintang raksasa tersebut bernama SAO 20575, sebuah bintang yang sangat muda dan sangat panas. Ia memancarkan radiasi ultraviolet yang intens, yang dari waktu ke waktu membentuk sebuah nebula gelembung yang kita lihat sekarang.
Gelembung itu sendiri terdiri dari bahan antarbintang serta gas dan debu dari awan molekul di dekatnya, yang dapat dilihat di atas kiri gambar dan juga yang dihasilkan dari radiasi bintang di dalamnya. Gelembung ini terus berkembang karena didorong angin bintang dengan kecepatan lebih dari 100.000 kilometer per jam.
Nebula Gelembung pertama kali ditemukan pada tahun 1787 namun karena ukurannya yang besar, tidak pernah ditangkap dalam sebuah gambar secara keseluruhan. Sekarang, gambar ini terdiri dari empat gambar yang sudah diambil oleh Teleskop luar angkasa Hubble Wide Field Camera 3 pada awal tahun ini, gambar telah dirilis dalam perayaan ulang tahun ke-26 peluncuran instrumen Hubble pada tanggal 24 April 2016 kemarin.
Kalian bisa melihat Nebula Gelembung dalam bentuk 3D-nya pada video dibawah ini.
Semoga bermanfaat 🙂
Sumber :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here