Inilah Gambar Terdekat Jupiter, Nantikan Wahana Juno 4 Juli 2016!

0
239
gambar terdekat jupiter
Inilah Gambar Terdekat Jupiter, Nantikan Wahana Juno 4 Juli 2016!

Satelit ruang angkasa NASA New Horizons mengambil beberapa gambar Jupiter yang menakjubkan saat perjalanannya ke Pluto. Terkenal dengan Great Red Spot (Bintik Merah Raksasa), Jupiter juga dikenal umum dengan pita awan khatulistiwanya, bahkan terlihat melalui teleskop yang berukuran sedang.

Gambar yang sudah terkompresi ini diambil pada tahun 2007 di dekat Jupiter yang menunjukkan keanekaragaman pola awan raksasa planet ini.

Di paling kiri gambar adalah awan yang paling dekat dengan Kutub Selatan Jupiter. Disini putaran pusaran air terlihat di daerah gelap yang disebut sabuk. Di daerah yang lebih terang dan berwarna yang disebut zona, menunjukkan struktur yang luar biasa, lengkap dengan pola gelombang yang kompleks. Energi yang mendorong gelombang ini dipastikan datang dari bawah. 

New Horizons adalah wahana antariksa tercepat yang pernah diluncurkan, yang telah berhasil menyelesaikan misi utamanya saat mengunjungi Pluto pada tahun 2015, dan sekarang lebih jauh menuju Sabuk Kuiper 2014 MU69 di tahun 2019.

Nantikan Wahana Juno 4 Juli 2016!

Dalam waktu dekat ini juga, banyak penggemar astronomi yang menantikan kedatangan wahana antariksa Juno di Jupiter Senin depan (4 Juli 2016).

Mungkin dari kalian ada yang belum tau apa sih itu Juno?

Juno adalah sebuah misi NASA New Frontiers ke planet Jupiter. Juno diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station pada tanggal 5 Agustus 2011 dan akan tiba pada 4 Juli 2016 nanti. Pesawat ruang angkasa ini ditempatkan di kutub orbit planet Jupiter untuk mempelajari komposisi Jupiter, medan gravitasi, medan magnet, dan magnetosfer polar planet Jupiter.

Kalian bisa melihat trailer-nya disini.

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :

  1. http://apod.nasa.gov/apod/ap160626.html
  2. http://apod.nasa.gov/apod/ap160628.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here