Project MK Ultra, Fakta Dibalik Program Pengendalian Pikiran CIA

0
1009
american-ultra-poster.jpg
Project MK Ultra, Fakta Program Pengendalian Pikiran oleh CIA

Proyek MKULTRA atau kadang disebut sebagai “Program Pengendalian Pikiran milik CIA” (CIA’s mind control program), adalah kode nama yang diberikan untuk program ilegal dan rahasia melalui percobaan pada manusia, yang dibuat oleh CIA atau Dinas Intelijen Amerika Serikat.

Percobaan pada manusia itu dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan obat-obatan serta prosedur yang akan digunakan dalam interogasi dan penyiksaan, untuk melemahkan individu untuk memaksa pengakuan mereka melalui kontrol pikiran (mind control).

Sejarah MK Ultra

Pada pertengahan tahun 1900an, beredar isu kalau pemerintah Amerika Serikat, dalam hal ini CIA, telah melakukan eksperimen pengendalian pikiran yang dilakukan melalui obat-obatan seperti LSD. Mereka yang mengajukan teori ini akan ditertawakan dan dianggap sebagai seorang Paranoid. Pemerintah Amerika juga tidak mengakuinya dan menganggap isu tersebut sebagai sebuah rumor yang tidak berdasar.

Namun pada tahun 1975, kongres Amerika Serikat mulai membentuk komite untuk menyelidiki aktivitas CIA di dalam negeri. Komite yang disebut Church Committe ini menemukan fakta tentang MK Ultra. CIA memang melakukan eksperimen pengendalian pikiran atau “Rekayasa Perilaku Manusia” lewat divisi Scientific Intelligent milik CIA.

Program ini dimulai tahun 1950an hingga dihentikan pada tahun 1973. Penyelidikan ini juga menemukan kalau ketua CIA saat itu, Richard Helms, telah memerintahkan pemusnahan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan MK Ultra pada tahun itu.

Lewat undang-undang kebebasan informasi, CIA mulai melepaskan dokumen-dokumen yang tersisa ke publik hingga pada tahun 2001 MK Ultra sudah tidak dianggap sebagai proyek rahasia lagi.

project mk ultra
Dokumen dari Project MK Ultra yang telah diklasifikasikan

Mahkamah Agung AS kemudian mencatat, MKULTRA adalah:

Berkaitan dengan penelitian dan pengembangan kimia, biologi dan bahan radiologi yang mampu bekerja dalam operasi rahasia untuk mengontrol perilaku manusia.”

Program ini terdiri dari sekitar 149 sub-proyek yang dimana badan-badan itu telah dikontrakkan ke berbagai perguruan tinggi, yayasan penelitian, dan institusi-institusi sejenis. Setidaknya ada 80 lembaga dan 185 peneliti swasta ikut berpartisipasi. Karena Badan-Badan itu didanai MKULTRA secara tidak langsung, bahkan sangat banyak orang yang telah/pernah ikut berpartisipasi, tidak menyadari bahwa mereka berhadapan dengan Badan-Badan itu.

Pada tahun 1977, sebuah permintaan dari Freedom of Information Act telah menemukan cache atau mirip “rekam jejak elektronik” dari 20.000 dokumen yang berhubungan dengan proyek MKULTRA dan menyebabkan terjadinya dengar pendapat oleh Senat pada tahun yang sama. Pada bulan Juli 2001 beberapa informasi yang masih dapat diselamatkan tentang MKULTRA secara resmi akhirnya diklasifikasikan.

Cikal Bakal MK Ultra

Pada tahun 1945 Agen Badan Intelijen Gabungan (Joint Intelligence Objectives Agency) didirikan dan diberi tanggung jawab langsung untuk ‘Operasi Paperclip’ (Operation Paperclip) yaitu program perekrutan mantan ilmuwan Nazi pada era Perang Dunia-II.

Beberapa ilmuwan bekas Nazi itu direkrut secara khusus untuk mereka yang telah tahu atau pernah memiliki pengalaman pada Perang Dunia-II disaat melakukan penyiksaan dan pencucian otak untuk para tahanan perang, dapat digunakan dan dipelajari kembali di AS.

project mk ultra

Tujuan dan Sasaran Project MKUltra

Badan intelijen AS telah menuangkan jutaan dolar ke dalam studi ini untuk menelitimetode cara mempengaruhi dan mengendalikan pikiran dan meningkatkan kemampuan untuk dapat mengekstrak informasi dari subyek tahanan mereka selama diinterogasi.

Beberapa sejarawan telah menegaskan bahwa CIA menciptakan subjek Manchurian Candidate” melalui teknik pengendali pikiran” ini adalah sasaran dan tujuan MKULTRAdan proyek CIA terkait lainnya.

Alfred McCoy telah mengklaim bahwa CIA berusaha untuk memberi perhatian khusus terhadap media pada program konyol” mereka, sehingga masyarakat tidak akan melihat atau berkamuflase oleh tujuan utama dari penelitian dalam metode mengembangkan yang efektif untuk penyiksaan dan interogasi.

LSD (Lysergic acid diethylamide)

Upaya CIA diawali dan difokuskankan pada penggunaan zat kimia LSD atau Asam lisergat dietilamida atau Lysergic acid diethylamide atau tepatnya LSD-25 atau lebih dikenal juga sebagai lysergide (INN). LSD merupakan suatu narkotika halusinogen, yang kemudian mendominasi banyak program MKULTRA ini.

LSD ditemukan oleh Albert Hofmann (1906-2008) adalah ahli kimia asal Swiss yang pertama menyintesis senyawa lysergic acid diethylamide (LSD) pada 1938. Ia menganggapnya sebagai psikotropika yang kuat dan berpotensi bahaya. Penggunaannya harus bertanggung jawab. Hofmann kemudian dikenal dengan Bapak LSD.

project mk ultra
Project MK-ULTRA. Tanpak anak perempuan (usia 8-13 thn) sudah selama 5 bulan sedang berada dibawah dosis berat LSD, kejut listrik (electroshock) dan metode mengurangi sensorik (sensory deprivation)

Efek sementara penggunaan LSD bisa sangat nikmat luar biasa, sangat tenang dan mendorong perasaan nyaman. Sering kali ada perubahan pada persepsi, pada penglihatan, suara, penciuman, perasaan dan tempat. Sedangkan efek negatif LSD dapat termasuk hilangnya kendali emosi, disorientasi, depresi, kepeningan, perasaan panik yang akut dan perasaan tak terkalahkan, yang dapat mengakibatkan pengguna menempatkan diri dalam bahaya fisik.

Dalam Operasi Midnight Climax, oleh CIA, adalah operasi yang pada awalnya didirikan oleh Sidney Gottlieb dan berada dibawah arahan petugas Biro Narkotika (Narcotics Bureau) yaitu George Hunter White, alias Morgan Hall sebagai sub–proyek CIA dalam Proyek MKULTRA, program penelitian kontrol-pikiran besutan CIA yang dimulai di tahun 1950-an.

Sidney Gottlieb (1918 -1999) adalah seorang ahli kimia Amerika sekaligus kepala mata-mata yang terkenal karena keterlibatannya dengan CIA pada tahun 1950-an dan 60-an dalam upaya pembunuhan dan Program Pengendalian Pikiran, yang dikenal sebagai Proyek MKULTRA ini.

project mk ultra
Dr Sidney Gottlieb menyetujui sebuah subproyek MKULTRA menggunakan LSD dalam surat tertanggal 9 Juni 1953. (Dr. Sidney Gottlieb approved of an MKUltra subproject on LSD in this June 9, 1953 letter) (wikimedia.org)

DR. John Coleman dalam bukunya Conspirators’ Hierarchy – The Story of the Committee of 300, mengutip perihal LSD pada Project MK Ultra sebagai berikut:

Operasi rahasia MK-Ultra, yang berlangsung selama 20 tahun, terdiri atas mengasupkan LSD kepada orang-orang yang tidak tahu bahwa mereka diam-diam dibius. Ada eksperimen lain yang melibatkan subjek yang memang bersedia, tetapi eksperimen yang paling serius, paling lama, melibatkan orang-orang yang tidak tahu bahwa mereka diberi LSD.

Project MK Ultra
Conspirators’ Hierarchy – The Story of the Committee of 300 oleh DR. John Coleman

American Ultra, Film Syarat Pesan Project MK Ultra

Film American Ultra didasarkan pada kehidupan nyata proyek CIA MK ULTRA, yang bertujuan untuk membuat perbudakan melalui pengendalian pikiran. Film ini menggambarkan Pengendalian Pikiran yang dilakukan CIA sebagai sesuatu hal yang keren. Ini adalah upaya lain dari kontrol pemikiran yang dilakukan oleh media massa.

project mk ultra

Dalam film ini Mike (aktor dalam film ini) jatuh cinta dengan Phoebe dan ingin melamarnya, cintanya terhadap pacarnya begitu obsesif, seolah-olah ia terprogram (tercuci otaknya) dan diperbudak melalui pasangannya yang merupakan seorang agen CIA.

project mk ultra
Dalam satu adegan, terlihat sepasang tato yang mirip dari kedua pasangan, ini merupakan sebuah simbol okultis all seeing eye khas illuminati.

 

project mk ultra
Mike terus dipantau oleh satelit mata-mata CIA.

 

project mk ultra
CIA menyimpulkan bahwa Mike masih dapat diandalkan. Pada akhir film, Mike dan Phoebe berada di sebuah hotel mewah di Filipina. Mereka berdua merencanakan misi CIA dan Mike dikirim untuk membunuh seseorang. Sampai akhir film kedua pasangan ini menjadi contoh dari upaya pengendali pikiran CIA melalui kontrol media.

 

project mk ultra
Di sebuah klub malam, Mike mengatakan bahwa ia “merasa agak luar biasa” dengan tersenyum. Ia mengatakan ini karena merasa puas dan bangga karena terprogram menjadi alat pembunuh.

Sumber :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here