SkySafari 5, Aplikasi Penjelajah Langit Berbasis Mobile untuk Pencinta Astronomi

0
598
SkySafari 5, Aplikasi Penjelajah Langit Berbasis Mobile untuk Pencinta Astronomi
SkySafari 5, Aplikasi Penjelajah Langit Berbasis Mobile untuk Pencinta Astronomi

Rilis terbaru Skysafari 5 untuk Android memiliki fitur kontrol waktu-aliran yang memiliki layar tampilan yang lebih luas, mencakup panorama dan menambahkan kemampuan untuk menampilkan asterisms – pola bintang yang berbeda dari rasi bintang yang membentuk objek yang jelas di langit, seperti Teapot Sagitarius.

Ada tiga versi aplikasi Skysafari, yaitu Basic, Plus dan Pro, masing-masing dari versi tersebut menawarkan sesuatu level berbeda untuk para astronomi antusias, dari pemula sampai dengan astronom profesional, tersedia untuk perangkat android dan iOS.

SkySafari Basic

Ada banyak fitur gratis yang terkait aplikasi astronomi  SkySafari untuk iOS dan Android, seperti aplikasi Start Chart yang bisa di unduh untuk iOS dan Google Sky Map untuk Android. Tapi banyak aplikasi sederhana yang lebih menekankan estetika atas konten, atau dirancang untuk mengidentifikasi objek yang sering dilihiat, tanpa memberikan informasi tambahan atau menunjukkan bagaimana benda-benda sebenarnya muncul di langit.

Ada juga aplikasi yang lebih difokuskan untuk menelusuri konten yang lebih kepada pecinta astronomi. Sebagian besar aplikasi ini dibutuhkan biatya unutk mendapatkannya, tetapi cukup terbayar dibandingkan dengan membeli buku kertas astronomi atau atlas bintang. Namun, rilis terbaru Skysafari 5 untuk Android menambahkan beberapa fitur yang hebat yang sudah juga dimiliki aplikasi astronomi yang top kebanyakan.

Kamu bisa mendapatkannya pada SkySafari versi basic yang bisa di unduh disini, dengan harga yang cukup dibilang masuk di kantong mahasiswa, hehe.

Fitur yang ditawarkan pada versi basic ini cukup menarik, mari kita tinjau beberapa elemen dasar yang Skysafari versi basic ini.

Kebanyakan aplikasi astronomi peta langit melakukan dua tugas utama. Pertama, mereka mengambil database dari benda-benda tetap di langit, termasuk bintang, cluster, nebula dan galaksi, dan akurasi objek-objek di langit untuk sesuai lokasi kamu berada, baik tanggal dan waktu. Kedua, mereka menggunakan elemen orbit benda bergerak – matahari, bulan, planet, asteroid, komet dan satelit – untuk menghitung di langit mana benda-benda ini harus diposisikan di setiap tempat dan waktu tertentu.

Seperti banyak aplikasi astronomi yang canggih lainnya, Skysafari 5 memungkinkan kamu untuk menyesuaikan cara bagaimana langit muncul di layar, memperhitungkan polusi cahaya yang memungkinkan kamu mencari dan mengobservasi objek di langit dengan jelas. Skysafari menyediakan rincian tambahan tentang obyek, termasuk penamaan sebuah objek, sejarah dan rincian ilmiah. Karena semuanya diberikan secara matematis, langit dapat disajikan dengan menggunakan sistem koordinat yang berbeda, yang berguna untuk menunjukkan gerakan langit, menempatkan objek dalam sistem tata surya atau galaksi, atau pergi meneusuri objek yang diinginkan.

Kamu juga memungkinkan untuk mengontrol waktu yang diinginkan untuk melihat langit daalam kondisi seperti sekarang maupun di setiap saat, baik masa lalu atau masa depan. Skysafari juga memungkinkan kamu melakukan pengaturan lainnya, melihat perubahan-bintang di setiap musim, simulasi gerak sebuah planet atau komet selama periode waktu tertentu, atau menunjukkan gerhana matahari atau bulan lebih cepat dari waktu kejadian aslinya.

SkySafari Pro

Bagi para astronom tingkat lanjut, direkomendasikan meggunakan yang versi  Skysafari 5 Pro, yang bisa membantu melihat objek yang terlalu redup untuk dilihat tanpa menggunakan teleskop besar atau gambar dengan long-exposure. Aplikasi ini dapat menampilkan apakah benda akan cocok di bidang pandang teleskop tertentu dan lensa mata, atau sensor astrophotography yang kamu miliki. Versi Pro juga menawarkan fitur remote control teleskop.

SkySafari 5, Aplikasi Penjelajah Langit Berbasis Mobile untuk Pencinta Astronomi
Versi tablet dari Skysafari 5 terlihat lebih efisien yang menempatkan menu utama di sisi kiri layar sementara daftar pengaturan di sisi kanan. Lokasi menu sekarang memungkinkan pengguna untuk menjatuhkan pin lokasi mereka melalui Google Maps.
SkySafari 5, Aplikasi Penjelajah Langit Berbasis Mobile untuk Pencinta Astronomi
Fitur baru “Tonight” pada pilihan di menu utama menampilkan daftar matahari, bulan dan planet-planet yang menunjukkan di mana mereka berada dan ketika terbit dan pengaturannya. Hal ini juga memungkinkan untuk memonitor lewat satelit, termasuk Stasiun Luar Angkasa Internasional dan Iridium flare.
SkySafari 5, Aplikasi Penjelajah Langit Berbasis Mobile untuk Pencinta Astronomi
Halaman informasi untuk setiap satelit memberikan informasi teknis yang rinci. Terdapat fitur Quick Link ditandai dengan ikon jam, memunculkan langit, menunjukkan satelit, serta tanggal dan waktu. Aplikasi ini juga memicu pemberitahuan untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional lewat, terbitnya planet dan Iridium flare.

Untuk versi Pro ini kamu bisa mendownload versi APK disini beserta file DATA-nya disini.

Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin belajar ilmu astronomi agar lebih mudah, ingat hanya untuk belajar yah… hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here