6 Hal yang Membuat OS Ubuntu Lebih Baik dari Windows

0
2291
6 Hal yang Membuat OS Ubuntu Lebih Baik dari Windows
6 Hal yang Membuat OS Ubuntu Lebih Baik dari Windows

Kita semua tau sistem operasi Windows kan? Ini adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan, kita tidak ragukan itu. Namun bagaimana kalau ternyata sebenarnya sistem operasi Ubuntu jauh memiliki kelebihan yang lebih baik? Kamu mungkin tertawa dan berpikir tidak mungkin ada yang lebih baik dari sistem operasi Windows yang biasa sering kitagunakan sehari-hari, tapi dalam artikel ini kita akan kupas ada 6 alasan kenapa saya katakan Ubuntu lebih baik daripada Windows.

Mungkin kamu berfikir sistem operasi Ubuntu hanya untuk kalangan tertentu, alasannya karena rata-rata orang awam tidak bisa menggunakannya. Jadi bagaimana Ubuntu bisa lebih baik dari Windows? Pada kenyataannya tidaklah demikian, mari kita lihat beberapa alasan mengapa Ubuntu lebih baik daripada Windows.

Apa itu Ubuntu?

Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Sejarah Ubuntu

Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug).

Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV. Dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang.

6 Hal yang Membuat OS Ubuntu Lebih Baik dari Windows

1. Sistem Operasi dan Update Software

Bayangkan sebuah skenario sebagai berikut: Kamu melakukan beberapa pekerjaan penting dengan OS Windows, tiba-tiba kamu mendapatkan popup yang meminta Windows untuk diperbarui. Mau tidak mau saat kamu ingin mematikan komputer, kamu akan terpaksa memilih pilihan untuk memperbarui sistem dan diharuskan untuk komputer di restart/reboot.

Setelah di restart maka proses akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kita menunggu, kurang lebih 10 menit atau bahkan lebih. Menggangu banget kan? disaat kamu harus menyelesaikan tugas penting.

01.png

Kamu bisa lihat pada gambar di atas, ini dikarenakan Windows menangani sistem operasi dan update aplikasi secara terpisah. Ketika kamu menerima popup aplikasi yang berbeda maka update-nya berbeda-beda di masing-masing aplikasi. Inilah yang membuat banyak proses berkalan di sistem.
02.png

Berbeda dengan Ubuntu. Semuanya dilakukan melalui repositori dan menggunakan update manager yang didedikasikan untuk memperbarui kedua sistem operasi dan semua aplikasi yang terinstal. Jadi kamu hanya harus mengatur update di satu tempat. Hal ini membuat proses jauh lebih efisien.

2. Keamanan

User account dalam Ubuntu memiliki lebih sedikit peizinan secara default daripada di Windows. Jika kamu ingin membuat perubahan ke sistem di Ubuntu, seperti menginstal aplikasi, kamu terlebih dahulu harus memasukkan sandi, di Windows tidak demikian. Hal ini bertujuan mempersulit mengeksekusi malware atau virus di dalam Ubuntu.

Ubuntu juag tidak sepopuler Windows. Inilah alasannya para hacker yang membuat virus tidak benar-benar peduli untuk menerapkannya di Ubuntu, sehingga mereka tidak perlu repot-repot membuat banyak malware ke Ubuntu.

Meskipun banyak para hacker yang menggunakan distro Linux seperti Ubuntu sendiri, bukannya tidak mungkin di Ubuntu tidak ada virus, tetap selalu menggunakan software anti-virus di Ubuntu meskipun kemungkinannya sangatlah kecil.

03.png

3. Kustomasi Dekstop

Windows 10 memberikan lebih banyak pilihan kustomisasi dari versi sebelumnya, tapi masih jauh dari yang diberikan Ubuntu.

Ada cukup banyak keterbatasan jika ingin mengubah wallpaper dan kustomasi warna di Windows, di Ubuntu setiap aspek desktop dapat dengan mudah diubah. Ingin tombol jendela di sebelah kanan? Tidak masalah. Tidak suka ikon tertentu? Ini malah mudah dirubah. Font pun demikian.

Screenshot di bawah ini adalah Desktop Ubuntu 16.04. Hanya dibutuhkan sekitar 5 menit untuk menerapkan tampilan seperti dibawah ini saat pertama kali instalasi Ubuntu selesai.

04.png

4. System Resource

Dibutuhkan versi terbaru Windows untuk bisa memperbaiki efisiensi resource yang digunakan dalam sistem Windows. Namun, di Ubuntu thal itu tidak peru terjadi.

Kami menguji Ubuntu dan Windows 10, dan seperti yang kamu lihat dari hasil gambar di bawah pada Windows 10 digunakan hampir dua kali lipat jumlah RAM yang digunakan Ubuntu. Mungkin tidak cukup berdampak besar karena pengujian ini menggunkaan 8 GB RAM. Tetapi jika komputer kamu memiliki 2 GB RAM, itu berarti kamu memamai 60% dari RAM yang digunakan Ubuntu, atau 90% yang digunakan Windows 10, jika hal ini terjadi maka aplikasi windows yang kamu buka akan lemot pastinya.

05.png 06.png

Jika komputer kamu memiliki sumber resource yang kurang, tersedia versi ringan dari Ubuntu dan Linux yang tersedia dengan sumber daya kebutuhkan sistem yang ringan. Hebat kan?

5. Live Environment

Jika kamu belum menggunakan Windows sebelumnya dan memutuskan ingin mencobanya, kamu terlebih dahulu melakukan install ulang yang menyebabkan kamu bisa kehilangan data program.

Itu tidak terjadi di Ubuntu.

Di Ubuntu dan banyak distribusi Linux lainnya, kamu dapat menjalankannya sistem operasi Ubuntu dengan CD, atau melalui USB flashdisk dan boot up langsung dari media yang dipilih. Kamu dapat menjalankan sistem operasi Ubuntu melalui media tersebut tanpa perlu menginstal pada hardisk terlebih dahulu.

07.png

6. Gratis!

Hal ini emang benar, Ubuntu 100% gratis. Ubuntuk tidak akan dikenakan biaya sepeser pun (meskipun kamu dapat memberikan donasi pada halaman download Ubuntu).

Jika kamu ingin membeli Windows 10 akan dikenakan biaya $ 119,99 untuk edisi Home dan $ 199,99 untuk edisi Professional. Jadi mengapa tidak menyimpan uang tunai kamu dan dan dimanfaatkan untuk kebutuhkan lainnya? Sebaliknya kamu bisa mendownload versi Ubuntu terbaru dengan gratis.

08.png

Windows vs Ubuntu: Mana yang lebih kamu suka?

Secara keseluruhan, kedua sistem operasi Windows 10 dan Ubuntu adalah sistem operasi yang fantastis, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan mereka sendiri, tergantung pada kebutuhkan yang kamu miliki.

Apakah kamu sudah mencoba salah satu dari sistem operasi ini? Jika demikian, cetitakan pengalaman kamu dengan mengisi kotak komentar di bawah artikel ini. Jika kamu belum mencoba Ubuntu, cobalah kamu akan merasakan banyak hal menarik didalamnya.

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :

http://www.makeuseof.com/tag/6-things-ubuntu-better-windows/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here