Inilah Hewan Purba yang Sudah Ada Sebelum Adanya Pohon di Bumi

0
1837
Hewan Purba yang Sudah Ada Sebelum Adanya Pohon di Bumi
Hewan Purba yang Sudah Ada Sebelum Adanya Pohon di Bumi

Menurut Science Daily pohon yang ada sekarang hidup sekitar 345 sampai 360 juta tahun yang lalu. Pohon modern yang kita lihat sekarang ini berawal dari jenis Archaeopteris yang dulunya terdiri dari sebagian besar hutan di Bumi pada periode Devon Akhir yang kini telah pundah. Temuan ini dilaporkan oleh tiga ilmuwan pada 22 April 1999 dalam edisi jurnal Nature (“Archaeopteris adalah awal dikenalnya pohon modern,” oleh Brigitte Meyer-BERTHAUD, Stephen E. Scheckler, dan Jobst Wendt.).

Archaeopteris halliana
Fosil dari jenis pohon Archaeopteris halliana. Kredit foto dari Walt Cressler.

Meskipun pohon hanyalah jenis tanaman, dan tanaman telah ada lebih lama dari 360 juta tahun, hal yang menarik lainnya untuk dikaji adalah binatang apa yang masih ada sebelum pepohon di bumi ada. Di bawah ini kamu akan menemukan 4 contoh hewan tersebut.

Inilah Hewan Purba yang Sudah Ada Sebelum Adanya Pohon di Bumi

1. Hiu

Menurut Pelagic Shark Research Foundation dan Pusat ReefQuest for Shark Research, hiu telah ada lebih dari 400-450 juta tahun yang lalu. Pada waktu itu hewan ini telah bertahan selama empat kali masa kepunahan massal global dan diversifikasi lebih dari 470 spesies saat itu. Saat ini spesies hiu yang terkenal bertahan ialah hiu putih besar, hiu macan, hiu biru, hiu mako, dan hiu martil yang terkenal sebagai organisme predator di bawah air.

Hewan Purba yang Sudah Ada Sebelum Adanya Pohon di Bumi

2. Nautilus

Catatan fosil menunjukan bahwa Nautilus telah ada sejak setengah miliar tahun yang lalu. Dalam peroide itu Nautilus merupakan salah satu hewan paling tertua yang telah lama ada di bumi yang sering dijuluki sebagai fosil hidup.

Menurut Peter Ward, seorang profesor biologi, bumi dan ilmu ruang angkasa di University of Washington mengatakan :

Nautilus mungkin tidak tampak karismatik sebagai harimau atau gajah, tapi memiliki daya tarik lain yang khas. Kerang spiral pada Nautillus terdiri dari beberapa ruang didalamnya, pada salah satu bagian terbesarnya digunakan sebagai rumah Nautilus hidup dan bagian yang kosong lainnya digunakan sebagai sistem pengaturan daya apung yang memungkinkan Nautilus untuk bergerak ke atas dan ke bawah untuk mencari mangsa. Nautilus tidak hanya dikategorikan sebagai makhluk purba, tetapi juga sebagai makhluk hidup yang berumur panjang. Mereka dapat hidup selama lebih dari 100 tahun.

Hewan Purba yang Sudah Ada Sebelum Adanya Pohon di Bumi

3. Kepiting Tapal Kuda

Juga dianggap sebagai fosil hidup, Kepiting Tapal Kuda telah ada sejak 450 juta tahun yang lalu. Menurut Science Daily, pada tahun 2008 sebuah tim ilmuwan Kanada menemukan fosil Kepiting Tapal Kuda dari bebatuan di zaman Ordovician yang berusia 445 juta tahun di Manitoba tengah dan utara. Hewan jenis Arthropoda laut ini hidup pada di dasar laut dangkal yang berpasir lembut atau berlumpur.

Seperti rekan-rekan mereka di atas, hewan-hewan ini telah berhasil bertahan melalui beberapa kepunahan massal di Bumi.

Hewan Purba yang Sudah Ada Sebelum Adanya Pohon di Bumi

4. Ubur-ubur

Anggota lain hewan yang lebih tua dari setengah miliar tahun adalah ubur-ubur. Ubur-ubur banyak ditemukan di setiap laut dan hewan multi-organ tertua yang ada di Bumi [sumber]. Sementara menurut catatan fosil tertua ditemukan di batuan berumur lebih dari 500 juta tahun, bahkan ada yang meyakini 700 juta tahun silam. Sekarang hewan laut yang berenang bebas seperti ubur-ubur telah berkembang menjadi hampir 2000 spesies yang berbeda.

Hewan Purba yang Sudah Ada Sebelum Adanya Pohon di Bumi

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :

http://twistedsifter.com/2014/09/ancient-animals-older-than-trees/