Inilah 10 Hal yang Tidak Kita Ketahui Tentang Laut Mati

0
2787

Laut Mati, juga dikenal sebagai Laut Asin, adalah sebuah danau yang memiliki kandungan garam tinggi, membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania. Ini adalah salah satu tempat yang paling unik di bumi. Di bawah ini kamu akan menemukan sepuluh fakta menarik yang tidak kamu ketahui tentang Laut Mati dan disertai dengan gambar yang menarik.

1. Tempat Terendah di Dunia

Laut Mati adalah tempat terendah di dunia, pada tahun 1960-an berada pada ketinggian 394 meter di bawah permukaan laut, dan pada tahun 2012 menjadi 423 meter di bawah permukaan laut. Saat ini luasnya pun juga ikut berkurang, dari sekitar 950 kilometer persegi menjadi 637 kilometer persegi.

10 Hal yang Tidak Kita Ketahui Tentang Laut Mati

2. Danau Garam Terdalam di Dunia

Laut Mati adalah 377 m (1.237 kaki) yang mendalam, menjadikannya danau hypersaline (danau berkadar garam tinggi) terdalam di dunia. Sebuah danau hypersaline mengandung konsentrasi signifikan dari natrium klorida atau garam mineral lainnya, dengan tingkat garam melebihi dari air laut.

10 Hal yang Tidak Kita Ketahui Tentang Laut Mati

3. Salah Satu Danau dengan Kadara Garam Tertinggi

Dengan kadar keasinan 33,7%, Laut Mati adalah salah satu danau yang paling asin di dunia. Selain itu ada Danau Assal (Djibouti), Garabogazkol dan beberapa danau hypersaline di Lembah Kering McMurdo di Antartika (seperti Don Juan Pond) memiliki kadar yang lebih tinggi.

03.jpg

4. Kita Dapat Mengapung di Luat Mati

Konsentrasi garam yang sangat tinggi Laut Mati menyebabkan orang dapat dengan mudah mengapung di Laut Mati karena daya apung yang alami. Dalam hal ini Laut Mati mirip dengan Danau Salt Lake di Utah, Amerika Serikat.

10 Hal yang Tidak Kita Ketahui Tentang Laut Mati

5. Organisme Makroskopik Tidak Bisa Hidup di Laut Mati

Laut Mati kira-kira 8,6 kali lebih asin dari air laut. Salinitas (kadar garam) ini membuat lingkungan yang mati karena hewan tidak dapat di dalam air berkadar garam tinggi. Salinitas tinggi mencegah organisme air makroskopik seperti ikan dan tanaman air lainnya bisa hidup di dalamnya, meskipun terdapat sejumlah kecil bakteri dan jamur mikroba yang bisa hidup didalamnya.

10 Hal yang Tidak Kita Ketahui Tentang Laut Mati

6. Panjang dan Lebar Laut Mati

Laut Mati memiliki panjang 67 kilometer (42 mil) dan memiliki titik terlebar sebesar 18 kilometer (11 mil). Terletak di Yordania Rift Valley dan anak sungai utamanya adalah Sungai Yordan.

7. Banyak Hal Unik Disekitar Laut Mati, Sehingga Digunakan Sebagai Pusat Penelitian

Daerah Laut Mati telah menjadi pusat utama bagi penelitian kesehatan dan pengobatan karena beberapa alasan. Beberapa alasannya ialah kandungan mineral dalam airnya, kandungan yang sangat rendah dari serbuk sari dan alergen lainnya di atmosfer, komponen ultraviolet yang mengurangi radiasi matahari, dan tekanan atmosfer lebih tinggi sehingga memiliki efek tidak baik bagi kesehatan makhluk hidup.

07.jpg

8. Tempat Kaum Nabi Luth di Azab oleh Allah swt

Laut Mati adalah tempat kaum Nabi Luth di azab oleh Allah swt karena perilaku homoseksual yang menyimpang. Kaum Nabi Luth dihujani dengan batu kerikil hitam yang berasal dari gunung api yang meletus di tepian Danau Luth atau Laut Mati.

10 Hal yang Tidak Kita Ketahui Tentang Laut Mati

9. Bahas Aspal di Dalam Laut Mati Dulu Digunakan untuk Mumifikasi Firaun

Hal yang tidak biasa dari Laut Mati adalah debit aspal. Didalamnya, Laut Mati terdaat banyak kerikil kecil dan benda-benda bersubstansi hitam. Dulu Aspal digunakan untuk melaisi patung-patung dan tengkorak Neolitikum yang ditemukan di banyak situs arkeologi. Proses mumifikasi raja-raja Firaun Mesir menggunakan aspal impor dari kawasan Laut Mati.

09.jpg

10. Terdapat Jalan Terpendek di Dunia

Disana terdapat jalan teroedek di dunia, Highway 90, terdapat di sepanjang pantai Israel dan Tepi Barat Laut Mati.

10 Hal yang Tidak Kita Ketahui Tentang Laut Mati

Semoga bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here