Inilah Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia yang Diambil Pada Tahun 1885

0
460

Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia

Pada tahun 1885 Wilson Bentley adalah orang yang mengambil foto kepingan salju untuk pertama kalinya mengguankan bantuan mikroskop. Awalnya ia tertarik untuk menekuni hobi ini dari kisahnya ketika ia (Wilson Alwyn Bentley) mendapatkan hadiah mikroskop dari ibunya pada ulang tahunnya yang ke 15 (9 Februari 1865 – 23 Desember 1931).

Bentley melakukan uji coba trial and error selama 2 tahun lamanya, namun pada tanggal 15 Januari 1885, pada usianya yang ke 19 tahun, ia membuat fotomikrograf kristal salju pertama di dunia dengan perpaduan mikroskop dan kamera. Selama ini ia telah mengambil lebih dari 5000 kepingan salju selama hidupnya, dan ajaibnya ia tidak pernah menemukan dua kepingan saljupun yang identik sama.

Berikut ini adalah foto-foto kepingan salju yang diambil Bentley tahun 1885

Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia Fotografi Kepingan Salju Pertama di Dunia

Kenneth G. Libbrecht mencatat bahwa teknik yang digunakan oleh Bentley untuk memotret kepingan salju pada dasarnya sama seperti yang digunakan saat ini, dan adapun kualitas foto-fotonya mencerminkan keterbatasan teknis dari peralatan di zamannya, “dia melakukannya dengan sangat baik sehingga hampir tidak ada orang repot-repot untuk memotret kepingan salju selama hampir 100 tahun“. Koleksi foto-foto Bentley saat ini disimpan di Jericho Historical Society di kota asalnya, Jericho, Vermont, AS.

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here