Ternyata Matahari Memiliki Garis Edar, Inilah Lama Peredarannya Mengelilingi Galaksi Bima Sakti!

  1. Home
  2. Keajaiban Al Quran
  3. Ternyata Matahari Memiliki Garis Edar, Inilah Lama Peredarannya Mengelilingi Galaksi Bima Sakti!
6 Comments
Keajaiban Al Quran

Matahari atau Surya adalah bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameternya sekitar 1.392.684 km,kira-kira 109 kali diameter Bumi, dan massanya (sekitar 2×1030 kilogram, 330.000 kali massa Bumi) mewakili kurang lebih 99,86 % massa total Tata Surya.

Namun, tahukah kamu? ada sebuah fenomena matahari yang mungkin jarang kita ketahui bahwa sebenarnya matahari juga berjalan di alam semesta mengelilingi galaksi sebagaimana berjalannya bulan mengelilingi bumi?

Matahari Memiliki Garis Edar

Menurut perhitungan para ahli astronomi, matahari bergerak dengan kecepatan luar biasa yang mencapai 720 ribu km per jam ke arah bintang Vega dalam sebuah garis edar yang disebut Solar Apex. Ini berarti matahari bergerak sejauh kurang lebih 17.280.000 kilometer dalam sehari. Bersama matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi matahari (tata surya) juga berjalan menempuh jarak ini. Tata surya kita mengelilingi galaksi bima sakti yang begitu luas dan jauh. 

Seperti kita ketahui, Bima Sakti adalah galaksi spiral dimana tata surya berada, dan diperkirakan berusia sekitar 13,2 miliar tahun. Saat ini, diketahui dari data terbaru bahwa ukuran diametar galaksi Bima Sakti ialah hampir 150.000 tahun cahaya. Galaksi ini, mengandung 200 sampai 400 miliar bintang, dengan perkiraan ada dialamnya 50 miliar planet, 500 juta di antaranya bisa ditemukan di pusat Bima Sakti.

Matahari berjalan mengelilingi galaksi dengan bentuk spiral layaknya gelombang berjalan keatas dan kebawah, dimana satu siklus perputaran dari titik utara sampai ke titik selatan ialah selama 30 juta tahun!

Bima Sakti bergerak dengan kecepatan 552-630 km per detik. Tata Surya kita bergerak pada 720 ribu km per jam dan membutuhkan 230 Juta tahun untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi galaksi Bima Sakti.

Semua benda langit tersebut bergerak dalam garis peredaran yang diperhitungkan dengan sangat teliti. Selama jutaan tahun, masing-masing seolah “berenang” sepanjang garis edarnya dalam keserasian dan keteraturan yang sempurna bersama dengan yang lain. Selain itu, sejumlah komet juga bergerak bersama sepanjang garis edar yang ditetapkan baginya. Semua benda langit termasuk planet, satelit yang mengiringi planet, bintang, dan bahkan galaksi, memiliki orbit atau garis edar mereka masing-masing. Semua orbit ini telah ditetapkan berdasarkan perhitungan yang sangat teliti dengan cermat. Yang membangun dan memelihara tatanan sempurna ini adalah Allah, Pencipta seluruh semesta alam.

Keajaiban Al Qur’an Mengenai Garis Edar Matahari di Alam Semesta

Saat Al Qur’an diturunkan 1400 tahun yang lalu, tidak ada satu orang pun yang tahu bahwa matahari sebenarnya memiliki garis edarnya sendiri sebagaimana bulan mengelilingi bumi, ini merupakan bukti mukjizat Nabi Muhammad saw bahwa Al Qur’an memang benar firman Allah swt, seperti dalam ayat Al Qur’an berkut ini.

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.”
(QS. Al Anbiya:33)

“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.”
(QS. Yasin:38)

 “Demi langit yang mempunyai jalan-jalan.”
(QS. Az Zariyat:7)

SubhanAllah…

Semoga bermanfaat.

Sumber :
https://id.wikipedia.org
http://mujahidah213.blogspot.co.id
https://larouchepac.com

Previous Post
Inilah 20 Foto Berwarna Peninggalan Firaun yang Ditemukan pada Tahun 1920-an
Next Post
Inilah Foto-foto Asli Planet Saturnus yang Diambil Satelit Cassini oleh NASA

Close


*

*

Menu