Teleskop Hubble Menangkap Citra Galaxy yang Lebih Terang dari Bima Sakti

  1. Home
  2. Sains
  3. Teleskop Hubble Menangkap Citra Galaxy yang Lebih Terang dari Bima Sakti
Sains
Gambar ini ditangkap oleh Teleskop Ruang Angkasa Hubble NASA / ESA, menunjukkan galaksi spiral terdekat yang dikenal sebagai NGC 1433. Berjarak sekitar 32 juta tahun cahaya dari Bumi, ini adalah jenis galaksi yang sangat aktif yang dikenal sebagai galaksi Seyfert (jenis klasifikasi galaksi yang menyumbang 10% dari semua galaksi). Memiliki cahaya yang sangat terang, bahkan keterangan cahaya di pusat galaxy ini sebanding dengan keterangan seluruh galaksi kita, Bima Sakti.
Inti pusat galaksi menarik bagi para astronom. Inti sebagian besar galaksi diduga kuat mengandung lubang hitam supermasif, dikelilingi oleh cakram yang menyedot materi ke pusat lubang hitam.
NGC 1433 sedang dipelajari sebagai bagian dari survei terhadap 50 galaksi terdekat yang dikenal sebagai Legacy ExtraGalactic UV Survey (LEGUS). Radiasi ultraviolet diamati dari galaksi, terutama menelusuri bintang yang baru terbentuk. Dalam galaksi Seyfert, sinar ultraviolet juga diduga berasal dari cakram akresi di sekitar lubang hitam pusat gakaksi. Mempelajari galaksi ini di spektrum ultraviolet sangat berguna untuk mempelajari bagaimana gas tersebut berfungsi dekat lubang hitam. Gambar di atas diperoleh dengan menggunakan campuran sinar ultraviolet, cahaya tampak, dan inframerah.
Struktur pada lubang hitam, cakram akresi adalah bagian piringan lubang hitam yang menarik ka arah inti pusaran, tarikan ini sangat kuat bahkan cahaya tidak dapat lari darinya
LEGUS akan mempelajari berbagai macam sifat dari sampel galaksi, termasuk struktur dalamnya. Survei Hubble ini akan memberikan landasan yang unik untuk pengamatan masa depan dengan James Webb Space Telescope (JWST) dan Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA). ALMA telah menangkap hasil yang tidak di duga berkaitan dengan pusat NGC 1433, menemukan struktur spiral dalam molekul gas dekat pusat galaksi NGC 1433. Para astronom juga menemukan sebuah jet (lihat struktur lubang hitam di atas) yang mengalir jauh dari lubang hitam, seluas 150 tahun cahaya.

Catatan istilah :
New General Catalogue (NGC): adalah katalog yang berisikan daftar nebula, gugus bintang, dan galaksi. Jumlah objeknya mencapai 7.840 buah

Sumber :
Badan Antariksa Eropa
http://www.nasa.gov



Credit: ESA/Hubble & NASA, Acknowledgements: D. Calzetti (UMass) and the LEGUS Team

Previous Post
Kartel Perbankan : Penyebab Riba, Perang dan Hancurnya Peradaban
Next Post
Kerajaan Inggris, Penerus Tahta Firaun Saat Ini.. Adakah Al Qur’an Memperingatkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
*
*
Create an Account
Menu