Mengenal Teknologi Biometik, Sistem Identifikasi Unik dari Tubuh Manusia

  1. Home
  2. Sains
  3. Mengenal Teknologi Biometik, Sistem Identifikasi Unik dari Tubuh Manusia
2 Comments
Sains

Mengenal Teknologi Biometik, Sistem Identifikasi Unik dari Tubuh Manusia | ardiyansyah.com

Mengenal Teknologi Biometik

Apa itu Biometrik?

Biometrik adalah adalah studi tentang katakteristik biologis pada tubuh manusia, dalam dunia teknologi digunakan untuk identifikasi fisik manusia sebagai alternatif pengganti password atau pola di smartphone atau perangkat teknologi lainnya.

Di zaman smartphone mulai banyak digunakan ini, password dan pola biasanya digunakan untuk mengunci layar si pemilik smartphone agar tidak sembarangan orang lain memiliki hak akses diluar dirinya. Namun, dikarenakan sifat manusia yang pelupa dan kecerobohan menggunakan smartphone, password dan pin tidaklah menjadi solusi praktis di era modern ini. Di mana sekarang sudah ada teknologi biometrik yang dapat mengenal sifat fisik miliaran manusia di dunia yang berbeda-beda, selain karena mudah digunakan, dan yang pasti teknologi ini sangat sulit bagi orang lain untuk membobolnya karena keunikan sifat fisik manusia yang berbeda-beda dan tidak ada satupun yang sama.

Mengenal Telnologi Biometrik

Fingerprint adalah salah satu teknolgi biometrik pengganti pin password yang ada di smartphone saat ini

Mengenal Teknologi Biometik, Sistem Identifikasi Unik dari Tubuh Manusia

Setidaknya ada 3 hal dalam Mengenal Teknologi Biometik yang banyak digunakan perangkat teknologi saat ini, diantaranya adalah :

1. Fingerprint  

Fingerprint adalah alat pemindai sidik jari yang ada pada perangkat teknolgi untuk mengenal seseorang dari pola-pola unik sidik jarinya. Alat pemindai tersebut melakukan scanning atau pengambilan gambar dari sampel yang telah di scan sebelumnya untuk dilakukan pencocokan berdasarkan pola yang ada di sidik jarinya.

Sudah banyak alat yang menggunakan identifikasi biometrik menggunakan fingerprint, selain smartphone dan tablet, ada laptop dan mesin absen yang bisa kita lihat di perkantoran.

mengenal teknologi biometrik

Mesin absen menggunakan sidik jari, cara ini lebih praktis karena tidak repot lg melakukan aktifitas pencatatan absen manual, melihat laporan pun cukup dengan menghubungkan flashdisk untuk di print ke komputer

Namun konon belakangan identifikasi sidik jari ini masih bisa diakali oleh orang yang tidak bertanggungjawab dengan menggunakan solasi, lem atau alat lainnya yang sejenik untuk menjiplak sidik jari si korban. Dalam sisi keamanan sidik jari sebenarnya masih belum terlalu aman diantara sistem biometrik lain karena masih bisa di manipulasi oleh orang yang iseng, mugkin dalam hal ini masih bisa diatasi dari sisi algoritma software yang bisa membedakan sidik jari asli dengan hasil jiplakan.

2. Face Recognition 

Berbeda dengan fingerprint yang menggunakan sidik jari, teknologi biometrik yang satu ini menggunakan identifikasi permukaan wajah untuk melakuan identifikasi fisik.

Face recognition atau pengenalan wajah umumnya saat ini banyak digunakan pada smartphone. Kita bisa menggunakan teknologi sebagai pengganti password atau pola yang kita buat untuk mengunci layar.

mengenal teknologi biometrik

Fitur smartphone yang digunakan untuk membuka layar menggunakan wajah adalah salah satu teknologi biometrik pengenalan wajah atau sering biasa disebut face recognition

Dari sisi keamanan face recognition sedikit lebih baik dari fingerprint karena masih sulit untuk di hack.

3. Iris Recognition

Dari ketiga teknologi biometrik, iris recognition lah yang paling menarik karena melakukan identifikasi pencocokan melalui bagian iris mata manusia.

mengenal teknologi biometrik

Ini adalah gambar anatomi mata manusia, jika pupil adalah lingkaran yang ada di pusat mata, maka iris ada pada lingkaran luarnya yang memiliki warna dan bentuk yang unik pada setiap mata manusia

Keistimewaan dari iris mata manusia adalah karakteristik yang berbeda-beda dari sisi bentuk, ukuran dan warnanya. Inilah kenapa iris lebih aman ketimbang pemindaian biometrik lain seperti fingerprint dan face recognition.

mengenal teknologi biometrik

Ini adalah hasil fotografi makro dari mata manusia. Keindahan dan kebegragaman pola mata manusia inilah yang jauh lebih di andalkan baru-baru ini ketimbang identifikasi sidik jari dan wajah manusia. Foto oleh Suren Manvelyan.

Dari sisi keamanan jelas iri lebih baik ketimbang fingerprint dan face recognition.

mengenal teknologi biometrik

Samsung Galaxy S8 dan S9 sudah menggunakan teknologi iris scanner yang merupakan salah satu fitur flagship smartphone saat ini.

Akhir Kata

Itulah pembahasan Mengenal Teknologi Biometik, Sistem Identifikasi Unik dari Tubuh Manusia. Dari ketiga identifikasi biometrik tersebut mana yang kalian suka dan pakai di smartphone kamu? silahkan berikan komentar dan penilian kalian dibawah artikel ini.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Biometrik
https://www.behance.net/paronsuren

Previous Post
Cara Membuat Iklan Facebook yang Efektif dan Menghasilkan
Next Post
Cara Redirect HTTP ke HTTPS Otomatis

2 Comments. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close
*
*
Create an Account
Menu